Senam Lantai 8.2

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

Untuk materi ini mempunyai 1 Kompetensi Dasar yaitu:

Kompetensi Dasar

  1. Mempraktikkan rangkaian teknik dasar gerak meroda dan guling depan serta nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab.


Daftar isi

Pengertian Senam

Senam adalah aktivitas fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendiri maupun sebagai latihan untuk cabang olahraga lainnya. Berlainan dengan cabang olahraga lain umumnya yang mengukur hasil aktivitasnya pada obyek tertentu, senam mengacu pada bentuk gerak yang dikerjakan dengan kombinasi terpadu dan menjelma dari setiap bagian anggota tubuh dari komponen - komponen kemampuan motorik seperti kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelentukan, agilitas dan ketepatan. Dengan koordinasi yang sesuai dan tata urutan gerak yang selaras akan terbentuk rangkaian gerak artistik yang menarik.

Pada tingkat sekolah atau yunior pertandingan dapat dibatasi pada nomor - nomor tertentu, biasanya senam lantai dan kuda - kuda lompat. Pertandingan tingkat Nasional dan Internasional bagi pria terdiri dari 6 (enam) nomor yakni:

  1. senam lantai
  2. kuda - kuda lompat
  3. kuda - kuda pelana
  4. palang sejajar
  5. palang tunggal
  6. dan gelang - gelang.

Sedang bagi wanita ada 4 (empat) nomor:

  1. senam lantai
  2. kuda - kuda lompat
  3. balok keseimbangan
  4. dan palang bertingkat.

Penilaian diberikan oleh 4 (empat) orang wasit yang di pimpin oleh seorang wasit kepala. Setiap peserta pertandingan harus melakukan 2 (dua) macam rangkaian pada setiap nomor atau alat, satu rangkaian wajib (yang telah ditentukan terlebih dahulu) dan satu rangkaian pilihan atau bebas masing - masing. Nilai seseorang adalah rata - rata dari dua nilai tengah dengan membuang nilai tertinggi dan nilai terendah dari 4 (empat) orang wasit. Pesenam dengan nilai akumulasi tertinggi menjadi juara ke I dalam kategori serba bisa, tertinggi kedua menjadi juara ke II dan seterusnya.

Juara regu ditentukan dengan penjumlahan 5 (lima) nilai terbaik dari 6 (enam) anggota regu dan setiap alat. 6 (enam) peserta terbaik dari semua atlet turut dalam pertandingan final pada tiap - tiap atlet dan nilai akhir yaitu rata - rata dari rangkaian bebas/pilihan dan wajib terdahulu disatukan dengan nilai rangkaian bebas/pilihan dalam final. Nilai ini menentukan urutan pemenang tiap alat.

Para wasit memberikan nilai pada waktu bersamaan. Nilai maksimum adalah: 10,000. Hukuman - hukuman diberikan dengan pengurangan nilai pada pelaksanaan yang salah, penguasaan yang kurang baik, di bantu orang lain, jatuh dari alat atau melampaui batas waktu. Selain itu di nilai pula faktor kesulitan gerak dan penampilan estetikanya. Besar pengurangan nilai adalah persepuluhan. Peraturan penilaian di revisi setiap 2 (dua) tahun. Semua gerakan mempunyai faktor kesulitan yaitu: A, B dan yang tersukar adalah C. Rangkaian latihan biasaya terdiri atas sikap - sikap statis yang memerlukan tenaga yang besar di sambung dengan gerakan - gerakan berirama yang sesuai. Sementara sejumlah bentuk gerak memerlukan kekuatan yang lain memerlukan mobilitas atau keterampilan.

Senam Lantai

Biasanya merupakan nomor pertama dalam pertandingan atas pertimbangan kesempatan bagi para pesenam untuk juga berlaku sebagai pemanasan karena gerakan - gerakannya tidak memerlukan tenaga otot yang luar biasa. Nomor ini mungkin merupakan tontonan yang paling mengasyikkan di banding dengan alat - alat lain meskipun sebenarnya relatif berkembang paling baru. Untuk pertama kali nomor ini sebagai nomor perseorangan dalam Olympiade 1932 dan bagi wanita baru 20 tahun kemudian.

Senam lantai sangat populer terutama bagi penyelenggaraan secara massal yang dapat diikuti oleh ribuan peserta bersama - sama. Gerakan - gerakannya dapat dikerjakan secara seragam dan membentuk formasi - formasi yagn menarik dan mengesankan. Di negeri kita sekarang sedang digalakkan apa yang disebut senam pagi Indonesia.

Lantai pertandingan berukuran 12 m2 dalam ruang yang berukurang 14 m2 dilapisi karpet kenyal setebal 0,045 m. Pria tampil dalam waktu 70 detik dan wanita dengan diiringi musik 90 detik. Keduanya bertujuan untuk memberikan kesan kepada para wasit dengan rangkaian urutan dari berbagai lompatan, putaran, keseimbnagan dicampur dengan unsur - unsur lonjakan dan akrobatik. Gerakan - gerakan yang menekankan tenaga harus dilakukan secara lambat dan sikap statis sekurang - kurangnya 2 detik. Gerakan - gerakan salto harus dikerjakan setinggi bahu.

Cara Senam Lantai

Senam lantai merupakan bagian dari olahraga senam artistik. Dengan latihan dan kemampuan yang dimiliki, seseorang bisa melakukan senam lantai dengan sangat indah. Namun perlu di ingat bahwa gerakan - gerakan dalam senam lantai tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena bisa mengakibatkan cidera serius. Gerakan - gerakan dalam senam lantai harus di dukung dan di tunjang dengan ketangkasan, keuletan, dan keberanian dalam melakukannya. Seperti layaknya jenis olahraga yang lain, sebelum melakukan senam lantai, kita diharuskan untuk melakukan pemanasan serta diakhiri dengan pendinginan untuk mengembalikan kondisi badan supaya otot dan persendian tidak terasa sakit.

Berikut ini adalah cara melakukan senam lantai:

Roll Ke Depan

  • Kedua tangan diletakkan di samping, kepala lurus, dagu menempel di dada, kaki masih dalam keadaan lurus.
  • Tolakkan tubuh ke arah depan. Tangan dibengkokkan, kaki tetap rapat, lalu berdiri.
  • Sebagai permulaan, gerakan dapat diawali dengan sikap jongkok.

Roll Ke Belakang

  • Dari sikap berdiri dan jongkok, letakkan tangan di samping telinga. Dagu rapat ke dada. Kemudian, gulingkan ke belakang. Luruskan kaki dan tolakkan tangan berdiri
  • Dari sikap berdiri, kaki diluruskan. Bengkokkan badan dan luruskan tangan di samping lutut. kemudian jatuhkan panggul ke belakang dan diterima oleh telapak tangan. Teruskan dan gulingkan ke belakang bersama. Pindahkan tangan di samping telinga. Kaki tetap lurus dan tolakkan tangan. Kemudian berdiri.
  • Sebagai pemulaan, latihan dapat diawali dengan sikap jongkok.

Flik Flak

Gerakan flik - flak dapat dilakukan dengan baik jika telah menguasai beberapa gerakan dasar, seperti:

  • Roll ke belakang dengan sempurna.
  • Lenting tangan (handspring) sudah baik.
  • Sikap kayang sudah cukup lenting terutama jika kayang dimulai dari sikap berdiri.

Cara melakukan gerakan flik - flak adalah sebagai berikut:

  • Ancang - ancang dengan berdiri tegak.
  • Lakukan gerakan melenting ke belakang sehingga kedua lengan (telapak tangan) menempel atau menapak di lantai.
  • Setelah itu, lakukan tolakan kedua kaki ke atas sehingga kedua kaki berputar ke atas, kemudian kedua kaki secara bersama - sama mendarat dalam posisi berdiri kembali.

Video Senam Lantai

Dalam video ini akan diperlihatkan cara latihan senam lantai.


Sumber



Beri Penilaian

Rating : 3.9/5 (172 votes cast)


Peralatan pribadi