Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia 3.1

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

A. Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Sekarang, Dimas, Leo, Siti, dan Nina sudah kelas 3. Menurutmu, apakah ukuran dan bentuk tubuh mereka sama dengan ketika masih di kelas 1 dan 2? Coba tanyakan kepada orang tuamu, apakah orang tuamu menyimpan fotomu ketika masih bayi? Jika masih ada, tentunya fotomu berbeda dibandingkan dengan keadaanmu sekarang. Perbedaan tersebut disebabkan kamu mengalami perubahan, yaitu pertumbuhan. Ayo, amatilah Gambar 3.1 di bawah ini.
Dari gambar tersebut, kamu dapat melihat bahwa manusia mengalami perubahan selama hidupnya. Perubahan pada manusia meliputi perubahan tinggi badan, berat badan, serta bentuk badan. Ketika kamu masih bayi, selama sembilan bulan ibumu selalu memeriksakan kesehatanmu dan memberimu imunisasi agar pertumbuhan dan kesehatanmu tetap terjaga. Tubuhmu pun tidak hanya bertambah ukurannya, tetapi semakin lama kepintaranmu pun semakin bertambah. Ketika bayi, kamu tidak dapat berbicara. Setelah besar, kamu dapat berbicara. Ketika sudah besar, kamu akan berubah menjadi sosok yang dewasa. Cara berbicaramu tidak seperti anak-anak, melainkan sudah seperti orang dewasa. Perubahan manusia dari bayi menjadi orang yang dewasa disebut perkembangan.

Ayo, Cari Tahu 3.1
Mengamati Pertumbuhan Manusia

Tujuan
Kamu dapat membuktikan bahwa manusia mengalami pertumbuhan.

Langkah Kerja
Buatlah kelompok untuk mengamati pertumbuhanmu dan teman-temanmu.
Satu kelompok beranggotakan lima orang.
Tanyakanlah kepada orang tuamu mengenai tinggi dan berat badanmu
ketika lahir. Teman kelompokmu menanyakan kepada orang tua masingmasing.
Kemudian, tuliskanlah hasilnya pada tabel seperti berikut, di buku
latihanmu.


Jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Berapakah perbedaan berat badanmu ketika lahir dibandingkan dengan sekarang?
2. Berapakah perbedaan tinggi badanmu ketika lahir dibandingkan dengan sekarang?
3. Manakah di antara temanmu yang tinggi dan berat badannya sangat
    jauh berbeda ketika lahir dibandingkan sekarang?
4. Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan ini?

Jika kamu memerhatikan kembali fotomu ketika bayi dan sekarang, perubahan apa lagi yang dapat kamu amati? Selain mengalami perubahan tinggi dan berat badan, kamu pun mengalami perubahan pada wajah. Kakek, nenek, ayah, ibu, dan kakakmu pun mengalami perubahan pada wajahnya. Selain wajah, warna rambut dapat berubah. Warna rambut kakek dan nenekmu berubah, bukan? Gambar 3.2 menunjukkan ada perubahan pada rambut. Mengapa rambut kakek dan nenekmu berubah warna menjadi putih? Diskusikan dengan temanmu. Pertumbuhan manusia ditandai dengan pertambahan tinggi dan berat badan. Dengan demikian, jika usiamu bertambah, ukuran tubuhmu pun akan bertambah. Selain ukuran tubuh, kepintaranmu akan bertambah pula. Namun, pertumbuhan manusia akan berhenti pada usia tertentu. Berdasarkan uraian tersebut, dapatkah kamu membedakan pengertian pertumbuhan dan perkembangan?

Beri Penilaian

Rating : 4.0/5 (225 votes cast)


Peralatan pribadi