Penyampaian Laporan Perjalanan 8.1

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

Untuk materi ini mempunyai 1 Kompetensi Dasar yaitu:

Kompetensi Dasar :

  1. Menya­mpaikan laporan se­cara lisan dengan ba­hasa yang baik dan benar

Laporan adalah sesuatu yang dilaporkan. Sesuatu tersebut dapat berupa penelitian, perjalanan, ataupun peristiwa. Dalam penulisan dan penyampaian laporan, tentu terdapat kesalahan atau kekurangan sehingga diperlukan analisis atau penilaian dari orang lain. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memenuhi laporan adalah sistematika atau susunannya dan bahasa yang digunakan. Tutuplah bukumu! Dengarkan pembacaan laporan berikut ini!

             PENERIMA BEASISWA SENI DAN BUDAYA INDONESIA (BSBI)

Negara Indonesia kaya akan kebudayaan daerah yang tersebar di seluruh Nusantara. Untuk mengenalkan budaya Nusantara tersebut kepada masyarakat domestik dan mancanegara, pemerintah menyelenggarakan program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) bagi warga asing. Selain itu, BSBI ini juga bertujuan untuk memantapkan identitas Indonesia di mata dunia. Saya, ketua panitia penyelenggara pergelaran, melaporkan sebanyak 50 penerima beasiswa Seni dan Budaya Indonesia, pada Minggu, 19 Agustus 2007, telah sukses menggelar pementasan hasil pelatihan seni dan studi mereka selama tiga bulan di Indonesia. Pergelaran para mahasiswa asing itu berlangsung meriah
dengan dukungan 1.000 mahasiswa dari 19 perguruan tinggi di seputar Jabotabek dan Bandung.
Acara tersebut dibuka oleh Direktur Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri Republik Indonesia, yaitu Bapak Umar Hadi. Pada akhir acara, acara itu ditutup oleh Menteri Luar Negeri, Bapak Hasan Wirajuda. Peristiwa tersebut juga disaksikan langsung oleh sejumlah pejabat tinggi negara dan sejumlah duta besar dari berbagai negara. Pergelaran seni dan budaya Indonesia pada Minggu, 19 Agustus 2007 mempertunjukkan seni tari, seni musik, dan lagu dari empat daerah, yaitu Bandung, Solo, dan Yogyakarta. Latihan proses prapergelaran dilaksanakan di Taman Sari Art Center, selama tiga bulan, kemudian pertunjukkan digelar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.
Peraih BSBI dari Malaysia, Noor Aznizar, tampil meyakinkan dalam memerankan tokoh Sri Rama dalam pergelaran Rama Sinta. Pemain yang lain tampil tidak kalah memukau. Program BSBI ini diperkenalkan pada tahun 2003 dan jumlah peserta terus bertambah sampai tahun ini. Dua puluh lima negara peserta BSBI, yaitu negara Forum Dialog Pasifik Barat Daya, Forum Kepulauan Pasifik, ASEAN dan plus tiga negara (Cina, Jepang, dan Korea Selatan).

B. Sistematika Laporan

Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar.

Pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan biasanya disampaikan melalui laporan hasil kegiatan. Laporan tersebut dapat disampaikan secara tertulis atau lisan. Biasanya laporan secara tertulis berbentuk uraian dengan isi lebih lengkap dan terperinci. Bahasa yang digunakan dalam laporan tertulis adalah bahasa baku yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
Sistematika dalam laporan, baik tertulis maupun lisan, terdiri atas pembukaan, isi, dan penutup. Dalam menyampaikan laporan secara lisan, bahasa yang digunakan hendaknya merupakan bahasa yang baik, benar, sesuai dengan konteks (situasi), sederhana, dan mudah dipahami. Laporan secara lisan hanya menyampaikan hal-hal yang dianggap penting, dan pokok.

Perhatikan contoh laporan lisan berikut.

Kepala sekolah yang kami hormati, Bapak dan Ibu Guru yang kami hormati, dan teman-teman yang berbahagia. Saya, Ketua Panita Parade Seni Tradisi dan atas nama seluruh anggota panitia, melaporkan bahwa kami telah berhasil menyelesaikan kegiatan seni bertajuk “Merah Putih”. Acara tersebut dimulai pada 1 Agustus 2007 dan berakhir pada 5 Agustus 2007. Parade Seni Tradisi ini menampilkan pertunjukan seni tari, seni musik, dan seni teater. Pertunjukan tersebut tidak lepas dari seni tradisi Jawa. Pertunjukan yang dipentaskan, antara lain tari Bedhaya, tari Srimpi, tari Merak, instrumen gamelan, karawitan, pembacaan geguritan, dan ditutup dengan pertunjukan ketoprak yang berjudul “Ronggolawe Gugur”. Parade Seni Tradisi
ini bertujuan untuk mengenal tradisi di Indonesia, khususnya pada tradisi Jawa. Kami bersyukur kepada Tuhan YME dan kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya Parade Seni Tradisi ini. Kami berharap acara ini dapat menjadi acara tahunan yang bermanfaat.
Terima kasih.


Beri Penilaian

Rating : 3.6/5 (52 votes cast)


Peralatan pribadi