Pengaruh Cuaca terhadap Kegiatan Manusia dan Lingkungan 3.2

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

Daftar isi

B. Pengaruh Cuaca terhadap Kegiatan Manusia dan Lingkungan

Cuaca dipahami sebagai kondisi udara yang terjadi di bumi. Cuaca pun memberi pengaruh pada berbagai segi kehidupan manusia. Misalnya, jenis pakaian yang kamu kenakan bergantung pada cuaca saat itu. Cuaca pun memengaruhi suasana hatimu. Kamu cenderung lebih ceria saat cuaca cerah daripada saat mendung. Apa saja pengaruh cuaca pada kehidupanmu?

1. Cuaca Memengaruhi Pakaian yang Digunakan

Baju yang kamu pakai dapat melindungi tubuhmu dari keadaan di luarnya. Namun, tidak semua baju sesuai untuk setiap cuaca. Ketika cuaca dingin, baju apa yang kamu pakai? Untuk itu, amatilah gambar berikut.

Ketika hujan turun, pakaian apa yang dipakai anak pada Gambar 9.4(a)? Mengapa anak pada Gambar 9.4(b) menggunakan payung? Ketika kedinginan, baju apa yang dipakai anak pada Gambar 9.4 (c)? Mengapa anak pada Gambar 9.4 (d) memakai baju kaos? Ketika hujan turun, kamu menggunakan payung ataupun jas hujan. Payung dan jas hujan terbuat dari bahan plastik. Mengapa air hujan tidak dapat menembus plastik? Plastik tidak dapat menyerap air. Plastik memiliki sifat kedap air sehingga kamu tidak basah saat hujan. Kamu pun tidak kepanasan saat cuaca panas terik. Hal ini disebabkan payung tidak meneruskan panas. Ketika cuaca cerah, kamu sering memakai baju dari bahan katun atau kaos. Bahan katun dan bahan kaos terbuat dari kapas sehingga menyerap keringat.

2. Cuaca Memengaruhi Kegiatan Manusia

Pernahkah kamu melihat berita di televisi mengenai bencana banjir? Apa yang kamu rasakan? Ayo, amatilah gambar berikut.

Gambar tersebut menunjukkan keadaan banjir. Banjir sangat mengganggu kegiatan manusia sehari-hari. Banjir dapat disebabkan hujan deras yang terus-menerus. Banjir dapat menimbulkan kemacetan di jalan raya. Sawah-sawah petani terendam sehingga tidak dapat dipanen. Cuaca cerah sangat membantu dalam kegiatan manusia. Saat cuaca cerah, kamu dapat menjemur pakaian, sepatu, ataupun bermain. Dapatkah kamu menyebutkan pengaruh cuaca lainnya terhadap kegiatan manusia? Pernahkah kamu melihat petani bercocok tanam di sawah? Ayo, amatilah Gambar 9.6. Jika kamu perhatikan cuaca pada gambar tersebut, petani menanam sayuran ketika cuaca cerah.
Apakah kamu memiliki tanaman di rumah? Saat cuaca hujan, kamu tidak perlu menyiram tanaman tersebut. Hal itu disebabkan cuaca hujan menghasilkan air yang cukup bagi tanaman. Bagaimana cara menyiram tanaman saat cuaca cerah? Saat cuaca cerah, kamu menyiram tanaman pada siang hari. Mengapa demikian? Hal itu disebabkan saat cuaca cerah, air mudah menguap. Pada siang hari, tanaman membutuhkan air untuk fotosintesis. Oleh karenanya, tanaman disiram siang hari.

3. Cuaca Memengaruhi Kebiasaan Makan dan Minum

Pernahkah kamu berjalan di bawah terik matahari? Kamu akan merasa gerah karena kandungan air tubuhmu menguap. Sebaiknya, kamu melindungi tubuhmu itu. Jika tidak, kulitmu kering karena kekurangan cairan. Selain itu, kamu pun harus banyak minum air putih. Dengan demikian, cairan tubuhmu terganti. Kemudian, pada cuaca yang panas, kamu harus rajin makan buah-buahan. Buahbuahan, seperti pada Gambar 9.7, baik bagi tubuhmu.

Pada cuaca yang dingin, kamu akan merasa kedinginan. Untuk menghangatkan tubuhmu, kamu dapat menambah makananmu. Hal itu disebabkan tubuhmu mengolah makanan lebih banyak. Dengan demikian, kamu dapat merasa lebih hangat. Tahukah kamu minuman yang dapat menghangatkan tubuhmu? Diskusikanlah bersama teman dan gurumu. Kerjakanlah soal-soal berikut di buku latihanmu.
1. Apa yang kamu lakukan jika hujan?
2. Apa yang kamu lakukan jika panas?

Ayo, Berlatih 9.2

1. Bagaimana cara mengganti cairan tubuh yang hilang jika kamu kegerahan?
2. Keadaan udara di suatu tempat pada waktu tertentu disebut ....
    a. awan

Ayo, Pelajari Kembali
Apakah kamu sudah memahami materi tentang Cuaca? Setelah mempelajarinya,
apakah kamu menemukan kesulitan? Jika ada, diskusikan
bersama teman dan gurumu.

Ayo, Pahami
• Cuaca adalah keadaan udara di suatu tempat pada waktu tertentu.
• Awan adalah kumpulan tetesan air yang kamu lihat mengambang di langit.
• Bentuk-bentuk awan, antara lain, awan sirus, awan kumulus, dan awan stratus.
• Cuaca memengaruhi berbagai segi kehidupan manusia, seperti pakaian, perilaku makan, dan
   kegiatan manusia.


Beri Penilaian

Rating : 3.8/5 (56 votes cast)


Peralatan pribadi