PENGHEMATAN ENERGI 6.2 YAYAT IBAYATI

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

Daftar isi

Penghematan Energi

Image:macam2 lampuu.jpg

Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal berbagai macam energi, misalnya energi listrik, energi panas, energi bunyi, dan energi gerak. Energi tersebut banyak kegunaannya, terutama energi listrik. Apa saja kegunaan energi listrik? Dalam kehidupan sehari-hari, energi banyak kegunaannya. Oleh karena itu, energi harus dihemat. Tahukah kamu bagaimana cara menghemat energi?

Image:alat2 listrik.jpg

Tahukah kamu, apa kegunaan alat-alat tersebut? Coba kamu tanyakan kepada ibumu alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik beserta kegunaannya.

B Penghematan Energi Listrik

Kamu tentu telah mengetahui bahwa sumber energi bahan bakar seperti minyak tanah, elpiji, bensin, dan solar merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Jika digunakan terus menerus, persediaannya akan habis. Oleh karena itu, penggunaannya harus dihemat. Bagaimana cara menghemat energi tersebut? Sumber: Dokumentasi 127 Penghematan Energi Di televisi diiklankan bagaimana penghematan energi listrik. Mengapa demikian? Energi listrik dihasilkan dari pembangkit tenaga listrik dengan proses yang rumit dan sulit sehingga energi listrik menjadi mahal. Oleh karena itu, energi listrik harus dihemat. Bagaimana cara menghemat energi listrik? Cara menghemat energi listrik, yaitu dengan menggunakan energi listrik seperlunya, misalnya sebagai berikut. 1. Jangan menyalakan lampu pada siang hari di tempat yang terang. 2. Gunakan lampu hemat energi. 3. Matikan alat listrik jika tidak digunakan. 4. Pilih alat listrik yang menggunakan energi listrik sedikit. Coba diskusikan dengan temanmu, beri contoh kebiasaan menghemat energi listrik di rumahmu.

C Penerapan Energi Listrik

Coba kamu perhatikan alat-alat, seperti bel listrik, pemanas air, pengering rambut, kipas angin, dan lampu lalu lintas. Alat-alat tersebut menggunakan energi listrik sehingga disebut alat-alat listrik. Dapatkah kamu membuat alat-alat listrik secara sederhana? Berikut ini akan dibahas cara membuat alat listrik sederhana, yaitu bel listrik dan lampu lalu lintas.

Image:bell listerik.jpg

Sebelum membuat suatu karya, pertama-tama kamu harus enentukan karya yang akan dibuat. Selanjutnya merancang karya serta menentukan alat dan bahan yang akan digunakan. Setelah selesai, karya tersebut harus diuji. Apabila ada kekurangan, sempurnakan karya sehingga menghasilkan karya yang sesuai tujuan.

1. Lampu Lalu Lintas

Di setiap perempatan jalan selalu ada lampu lalu lintas. Tahukah kamu bagaimana prinsip kerja lampu lalu lintas tersebut? Agar memahaminya kamu dapat mencoba membuat lampu lalu lintas sederhana. Bagaimana cara membuatnya? Perhatikan pembahasan berikut ini.

a. Alat dan Bahan

Sediakan alat-alat dan bahan sebagai berikut. 1) Tiga buah lampu led warna merah, kuning, dan hijau. 2) Kawat atau kabel listrik secukupnya. 3) Sakelar yang dapat menghubungkan tiga terminal. 4) Dua buah baterai dan dudukannya . 5) Baut 3 buah. 6) Kayu atau tripleks. 7) Palu dan obeng kecil .

b. Model Rancangan

Rangkai alat seperti gambar berikut ini.

Image:model lampu lalulintas.jpg

c. Menguji

Untuk mengujinya, geser-geserkan sakelar pada baut 1, lihat apakah lampu merah menyala? Kemudian pada baut 2, lihat apakah lampu kuning menyala? Selanjutnya pada baut 3, lihat apakah lampu hijau menyala? Jika semua lampu dapat menyala berarti hasil karyamu sudah benar. Jika ada lampu yang tidak menyala kemungkinan lampunya putus atau rangkaiannya belum terpasang dengan benar. Coba periksa dan uji lagi.

2. Bel Listrik

Bel listrik banyak digunakan baik di rumah maupun di kantor-kantor. Bagaimana cara membuat bel listrik? Alat apa saja yang digunakan da bagaimana cara mengujinya? Perhatikan pembahasan berikut ini. a. Alat dan Bahan Sediakan alat-alat dan bahan sebagai berikut. a. Bekas gulungan benang. b. Kawat email 0,01 mm sebanyak 8 m. c. Mur atau baut ukuran 6 mm atau paku besar. d. Kabel 2 warna secukupnya. e. Sepotong tripleks. f. Baterai 4 buah dan dudukannya. g. Lempeng seng yang agak keras. h. Sakelar. i. Paku kecil. g. Palu dan obeng kecil. b. Model Rancangan

Image:cara membuat lampu bangjo.jpg

c. Menguji

Untuk menguji bel listrik hasil karyamu, geser-geserkan sakelar pada kedudukan tertutup dan terbuka. Apakah bel hasil karyamu berbunyi? Jika sudah berbunyi berarti bel hasil karyamu sudah benar. Jika tidak berbunyi kemungkinan ada rangkaian yang tidak terpasang dengan benar. Kamu lihat lagi rangkaiannya dan uji lagi. Bunyi bel dapat kamu atur dengan mengubah pemasangan plat seng dengan baut dan ketebalan plat seng yang digunakan.

3. Keselamatan Kerja

Dalam membuat karya yang berhubungan dengan listrik ini, kamu harus senantiasa menjaga keselamatan kerja. Jangan bermain-main dengan sumber listrik, terutama yang berhubungan dengan sumber listrik PLN, karena hal itu sangat berbahaya. Jika ada benda-benda tajam yang kamu gunakan, seperti seng, paku, obeng, atau gunting harus selalu mengarah ke arah yang berlawanan. Sediakan tempat sampah untuk membuang sisa-sisa bahan yang tidak terpakai agar tidak berserakan.


Beri Penilaian

Rating : 3.7/5 (19 votes cast)


Peralatan pribadi