PENGARUH GAYA TERHADAP GERAK 6.2

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

Dalam kehidupan sehari-hari, kita melakukan berbagai aktivitas, misalkan mendorong meja atau kursi, menimba air, atau membuka dan menutup pintu. Semua pekerjaan itu dilakukan dengan cara menarik atau mendorong benda yang memiliki berat dan melewati jarak tertentu.


Gaya dan Gerak berkas:bee1.gifBerkas:Bee.gif
Gaya adalah dorongan atau tarikan ketika beraktivitas. Semakin kasar permukaan suatu benda, semakin besar gaya yang diperlukan untuk memindahkan suatu benda di atasnya, dan sebaliknya. Itulah mengapa mendorong gerobak beroda lebih mudah daripada mendorong lemari, karena roda yang berputar memperkecil gesekan sehingga usaha yang diperlukan untuk memindahkan gerobak atau mobil, kecil. Besaran gaya selain dinyatakan dengan newton, juga dinyatakan dengan kologram gaya atau kilogram force disingkat kgf.
1 kgf = 100 gf (gram force)
Newton = dyne
Isaac Newton adalah ilmuwan yang mengungkapkan bahwa benda yang jatuh ke bumi dipengaruhi oleh gaya tarik bumi (gravitasi).


Gerak adalah proses berpindah tempat benda. Misalkan gerobak yang tadinya ada di dapur, didorong ke halaman.. Aktivitas yang menyebabkan perubahan tempat itulah yang dinamakan gerak.

image:gerak2.png
image:gerak2.png


Keseimbangan
Kedudukan seimbang terjadi apabila beban dikalikan jarak titik tumpu selalu sama antara kanan dan kiri. Seorang ahli fisika bernama Archimedes menemukan hukum keseimbangan, yaitu:
(beban x jarak beban dan titik tumpu = beban x jarak beban dan titik tumpu).


image:keseimbangans.png
image:keseimbangans.png




Beri Penilaian

Rating : 3.1/5 (33 votes cast)


Peralatan pribadi