Mengomentari Berbagai Laporan Lisan dengan Memberikan Kritik dan Saran 12.1

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

MENDENGARKAN

Mengomentari Berbagai Laporan Lisan dengan Memberikan Kritik dan Saran

Memberikan tanggapan berarti mengemukakan pendapat atau gagasan terhadap masalah yang telah kita ketahui. Setiap saat kita bisa memberikan tanggapan terhadap masalah yang kita ketahui. Misalnya kita menanggapi berita dari surat kabar, majalah, radio atau televise. Tentu saja sebelum kita menanggapi berita – berita yang kita terima itu, terlebih dahulu kita harus memahami betul permasalahan yang diungkapkan dalam berita tersebut. Memberikan tanggapan terhadap masalah yang tidak jelas bisa menimbulkan kesalahan . oleh karena itu , ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita memberikan tanggapan atau mengemukakan pendapat, antara lain:
1. Memahami betul inti permasalahan yang diungkapkan dalam berita itu.
2. Permasalahan itu disertai dengan fakta atau data yang jelas
3. Sumber berita itu dapat dipercaya
4. Yang menyusun berita itu orang yang dapat dipercaya
5. Permasalahan yang diberitakan itu ada kaitannya dengan kepentingan bersama, artinya tidak bersifat pribadi dan rahasia.
6. Tanggapan yang diberikan harus memperjelas permasalahan
7. Kebenaran isi berita itu dapat dipertanggungjawabkan.
Jika hal – hal diatas dapat terpenuhi, baru kita memberikan tanggapan terhadap suatu berita atau permasalahan tersebut.

a) Perhatikan contoh tanggapan terhadap beberapa berita di bawah ini.
Tanggapan Terhadap Berita di Surat Kabar

Contoh berita: Pencemaran Udara di Kota Besar 6O Persen dari Transportasi

Jakarta Kompas
Sekitar 60 persen sumber pencemaran udara di kota-kota besar berasal dari sector transportasi. Pemerintah menyadari sumber pencemaran udara itu harus diatasi, antara lain dengan diversifikasi energi sarana transportasi yang tidak menimbulkan pencemaran, misalnya dengan penggunaan BBG (bahan bakar gas).
Menteri Negara Lingkungan Hidup Ir. Sarwono Kusumaatmadja mengungkapkan hal ini ketika meresmikan stasiun pemantauan kualitas udara otomatis di'Taman Bougenville Gambir, Sabtu (23-12.) sore.
Salal. satu upaya yang dilakukan adalah penggunaan BBG bagi setiap bus dan taksi baru yang beroperasi di Jakarta mulai April 1996 mendatang. "Diharapkan di masa yang akan datang, pemerintah menciptakan kebijakan sehingga konsumen menggunakan bahan bakar yang tidak menimbulkan polusi kata Sarwono.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Kompas, selasa 26 desember 1995
Tanggapan
Isi berita diatas sangat penting bagi masyarakat juga bagi instansi atau lembaga pemerintah yang terkait. Berita tersebut menyoroti masalah pencemaran udara yang terjadi di kota-kota besar yang harnpir 60 persen disebabkan oleh kegiatan transportasi. Akibat buangan sisa bahan bakar. Oleh karena itu, pemerintah terutama Menteri Negara Lingkungan Hidup sangat bertanggung jawab dalam masalah ini. Salah satu dari pihak pemerintah yaitu mengganti BBM dengan BBG. Hal tersebut akan
dimulai dengan penggunaan BBG kendaraan umum dan taksi baru yang akan dimulai bulan April 1996 di Jakarta.


Uji Kompetensi
1) Bila ada kesempatan, ikutilah rapat-rapat laporan pertanggungjawaban kegiatan OSIS. Cermatilah isi laporan yang disampaikan dan identifikasikanlah permasalahan-permasalah yang mengemuka dalam laporan tersebut.
Bagaimana caramu mengidentifikasi permasalahane tersebut?
2) Kemukakan tanggapanmu atas permasalahan yang ada, baik berupa kritikan,pertanyaan maupun saran.
Bagaimana cara mengemukakan alasan yang logis dan realistis atas setiap tanggapan permasalahan?




Beri Penilaian

Rating : 4.0/5 (45 votes cast)


Peralatan pribadi