Membedakan Antara Fakta dan Opini dari Berbagai Laporan Lisan 12.1

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

MENDENGARKAN

Membedakan Antara Fakta dan Opini dari Berbagai Laporan Lisan
Ada bermacam-macamc ara untuk menyampaikan laporan. Hal tersebut tergantung pada materi, tujuan, situasi penyampaian, dan kondisi pihak penerima laporan. Laporan dapat disampaikan secara terlulis dan lisan.
Secara tertulis, laporan dapat disampaikan dalam bentuk berita atau artikel media massa cetak. Laporan juga dapat diketik, kemudian ditempelkan di papan-papan pengumuman atau dibagi-bagikan dalam bentuk selebaran. Laporan secara lisan disampaikan secara langsung di hadapan pihak yang akan diberi laporan.
Simaklah laporan hasil liputan wartawan di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR RI berikut ini. Gurumu akan membacakannya untuk kalian.Sambil menyimak, tangkaplah pokok-pokok isi laporan dan cermatilah mana informasi berupa fakta dan mana yang berupa opini.

SDM setjen DPR Dinilai sangat Rendah
JAKARTA (SINDO) – Kinerja jajaran Sekretariat Jendral (Setjen) DPR dikeluhkan kalangan anggota DPR. Wakil ketua tim kajian peningkatan kinerja DPR Lukman Hakim Saifuddin menyatakan , kualitas sumber daya manusia (SDM) Setjen DPR sangat rendah.
Para staf setjen DPR yang seharusnya menjadi Suppoting unit bagi anggota dewan justru menjadi salah satu penyebab DPR dipandang kurang transparan oleh masyarakat luas. “ mereka tidak bisa menyusun resume sebuah RDP (rapat dengar pendapat). Staf pendamping dari setjen DPR juga tidak bagus membuat ringkasan dari sebuah RUU (rancangan undang – undang) yang sedang dibahas pansus. Masa bikin inti sari saja tidak bisa?” ujarnya dalam “bincang – bincang soal legislasi “ yang digelar pusat studi hukum dan kebijakan Indonesia (PSHK) di hotel century, Jakarta kemarin.
Menurut Lukman, lemahnya para staf setjen DPR dalam membuat resume dari notulensi sebuah rapat atau risalah pembahasan RUU membuat public sulit mengakses perkembangan pembahasan sebuah isu dan legislasi. “bukannya kami tidak transparan. Tapi, karena informasinya tidak ada. Tidak disediakan setjen DPR,” keluh Lukman. Dia menyinggung pengelolaan situs WWW.dpr.go.id oleh setjen DPR yang seharusnya menjadi pintu utama dan termudah bagi publik mengakses perkembangan legislas. “situs DPR harus dibenahi serius.”
“sangat memalukan jika situs online lembaga DPR seperti sekarang ini ,” sesal anggota fraksi PPP DPR ini. Karena kelemahan SDM setjen pula, anggota DPR yang seharusnya “generalis” tak jarang sampai mengoreksi redaksional RUU hingga kata perkata. “ kami yang cari data, kami yang melakukan analisis komprehensif , kami yang saling berdebat, kami yang saling adu argumentasi, kami juga yang mengetik sendiri rekomendasinya,” beber Lukman. Sekretaris pengurus harian PPP ini memandang , dengan kualitas kerja seperti itu , jam kerja para staf setjen DPR terbuang percuma meski hadir di gedung DPR dari pagi hingga malam hari.” Sama saja dengan mereka tidak berbuat apa – apa,” tegasnya.
“program – program nya tidak riil , kecuali membangun pagar gedung DPR yang bagus dan taman yang menarik.” Semnetara itu , direktur eksekutif PSHK Bivitri susanti menyoroti anggaran untuk situs WWW.dpr.go.id yang hingga miliaran rupiah, tetapi informasinya tidak lengkap. Dia membandingkan dengan situs WWW.parlemen.net yang dikelola PSHK, biayanya hanya Rp 30 jutaan . “Data kami boleh diadu dengan situs DPR,”ujarnya dia juga mengingatkan setjen DPR sama sekali belum pernah mengeluarkan media kit kepada pers bila ada RDP atau sosialisasi RUU. Kalangan pers harus mengejar sendiri salinan RUU atau rekomendasikomisi kemasing – masing anggota.
(dikutip dari http://WWW.seputar- Indonesia.com, 16 desember 2006)


Aktivitas Diri

Tulislah beberapa kalimat yang berisi pokok-pokok penting pemberitaan di atas.
2. Susunlah kalimat pokok-pokok informasi tersebut secara efektif dan tepat ejaan.
3, Beri tanggapanmu terhadap isi laporan di atas.
4. Manakah isi laporan di atas yang bisa langsung dipercaya dan mana yang perlu pembuktian terlebih dahulu?
5. tukarlah pekerjaanmu dengan pekerjaan temanmu untuk diperiksa.



Beri Penilaian

Rating : 3.5/5 (23 votes cast)


Peralatan pribadi