Memahami Langkah - Langkah Menulis Cerpen 12.1

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

MENULIS

Langkah menulis cerpen tidak jauh berbeda dengan mengarang pada umumnya. Berikut ini adalah tahap-tahap penulisan cerpen.
1. Menentukan tema cerpen.
Tema merupakan permasalahan dasar yang menjadi pusat perhatian dan akan diuraikan agar menjadi jelas. Tema sangat berkaitan dengan amanat/pesan/tujuan yang hendak disampaikan kepada diri pembaca. Tema dapat diperoleh dari proses menggali pengalaman-pengalaman yang mengendap atau refleksi peristiwa vang baru dialaminya.
2. Mengumpulkan data-data, keterangan, informasi, dokumen yang terkait dengan peristiwa/pengalaman yang menjadi sumber inspirasi cerita.
3. Menentukan garis besar alur atau plot cerita. Secara bersamaan dengan tahap ini, menciptakan tokoh dan menentukan latar cerita.
4. Menetapkan titik pusat kisahan atau sudut pandang pengarang.
5. Mengembangkan garis besar cerita menjadi cerita utuh.
6. Memeriksa ejaan, diksi, dan unsur-unsur kebahasaan lain serta memperbaikinya jika terdapat kekeliruan.


Aktivitas Diri

1. Berdasarkan pengalaman hidup teman yang telah kamu dengarkan pada kegiatan di atas atau dari sumber lain, karanglah sebuah cerpen.
2. Tulislah cerpen di buku tugasmu! Setelah selesai tunjukkanlah kepada temanmu yang kisah kehidupannya kamu ceritakan dalam cerpen tersebut. Mintalah ia mengemukakan pendapatnya sekaligus memeriksa ejaan cerpen
3. Perbaikilah cerpenmu berdasarkan masukan atau saran dari temanmu. Jika telah menjadi cerita yang memenuhi unsur cerpen dan menarik, ketiklah cerpenmu secara rapih di kertas kuarto.
4. Tulislah di bagian bawah cerpenmu data tentang pengalaman yang menjadi sumber inspirasi cerita. Sebutkan nama pemilik pengalaman dan data-data peristiwanya.
5. Setelah selesai, kumpulkanlah kepada gurumu untuk diperiksa dan dinilai.


Category:Cerpen_12.1




Beri Penilaian

Rating : 3.8/5 (62 votes cast)


Peralatan pribadi