Lingkungan 5.1

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

Lingkungan yang bersih akan menjadikan hidupmu lebih sehat. Agar lingkungan tetap bersih, kamu harus rajin membersihkannya. Lingkungan yang bersih akan lebih indah dipandang. Selain itu, kamu juga akan merasa nyaman tinggal di lingkungan tersebut.

Daftar isi

Mendengarkan

1 Cerita

Cerita adalah susunan dari beberapa kalimat yang mengisahkan atau menjelaskan sesuatu. Cerita ada dua macam yakni, cerita fiksi dan cerita nonfiksi. Cerita fiksi : Cerita yang isinya berdasarkan imajinasi atau khayalan pengarang. Contoh : Abu Nawas, Si Kancil dan Aladin. Cerita nonfiksi : Cerita yang isinya berdasarkan kejadian nyata. Contoh : Sejarah, laporan penelitian dan karangan ilmiah.

2 Memahami Kalimat Majemuk Setara

Kalimat majemuk setara adalah kalimat yang terdiri atas dua kalimat atau lebih. Contoh: Dian anak orang kaya tetapi bodoh. Kalimat di atas terdiri atas dua kalimat, yakni: - Dian anak orang kaya - Dian anak yang bodoh Kedua kalimat di atas digabung dengan kata tetapi, membentuk kalimat majemuk setara. Sekarang, kamu dapat menutup bukumu. Coba dengarkan cerita tentang lomba kebersihan lingkungan yang akan dibacakan gurumu.Cerita dapat dilihat pada lampiran 2.

Berbicara

Kamu diajak untuk mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.

1 Kritik

Kritik adalah komentar, tanggapan atau kecaman. Aspek yang dikritik, meliputi tiga hal, yaitu: a. Kebenaran isi suatu informasi. b. Penggunaan bahasa. c. Cara penyajian atau struktur diskusi.

2 Teknik Menyampaikan Kritik dalam Diskusi

Teknik menyampaikan kritik yang baik adalah: a. Jika berdiskusi, perhatikanlah dengan baik. b. Catatlah pokok-pokok yang penting. c. Jika ada hal-hal yang bertentangan dengan pendapatmu, sampaikan dalam diskusi tersebut.

3 Menyampaikan Kritik dalam Diskusi

Dalam menyampaikan kritikan, kamu harus menggunakan bahasa yang sopan. Hal ini dilakukan agar tidak menyinggung perasaan orang yang dikritik. Contoh: “Maaf, saya kurang setuju dengan pendapatmu. Sebaiknya, barang yang rusak kita simpan di gudang.” Atau, "Maaf, bukankah jadwal piket kelas seharusnya sudah ditempel, tapi mengapa sampai sekarang belum ditempel?" Sekarang, coba kamu baca diskusi berikut ini di dalam hati. Coba perhatikan bagaimana Reno mengemukakan pendapatnya.

Image:lomba kebersihan kelas.jpg
Image:lomba kebersihan kelas.jpg

Membaca

Kamu diajak untuk membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas. Sebagaimana kamu ketahui, beberapa teks yang membicarakan materi yang sama jugaakan memiliki kesamaan isi. Coba perhatikan kedua teks berikut ini.

Image:cerepen.jpg
Image:cerepen.jpg

Kedua teks di atas sama-sama membicarakan ‘tanaman’, tetapi dengan cara penulisan yang berbeda. Teks pertama membicarakan bagaimana sebuah tanaman dapat dijadikan alternatif sebagai obat. Sedangkan pada teks kedua, tanaman digunakan untuk memberi suasana romantis dan dramatis pada rumah.

Menulis

Kamu diajak untuk menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

1 Laporan Kunjungan

Laporan kunjungan adalah informasi tertulis kepada seseorang karena tanggung jawab tentang kunjungan yang diberikan kepadanya.

2 Menulis Laporan Kunjungan

Hal-hal yang perlu dijelaskan dalam laporan kunjungan: 1. Nama kegiatan atau judul. 2. Tujuan obyek yang dikunjungi. 3. Waktu kunjungan (hari/tanggal dan jam). 4. Hasil kunjungan: a. Kegiatan yang dilakukan. b. Pesan dan kesan setelah melakukan kunjungan.

Coba kamu perhatikan contoh laporan kunjungan di bawah ini.

1. Judul laporan : Laporan Kunjungan Siswa/i kelas 5 SD Sukamulya ke Kebun Binatang Ragunan 2. Tujuan : Kebun Binatang Ragunan 3. Hari/tanggal : Rabu, 25 Oktober 2007 4. Pukul : 10.00-15.00 WIB 5. Jumlah peserta : 42 orang 6. a. Kegiatan kunjungan : Berkeliling melihat-lihat binatang. b. Pesan dan kesan : Di kebun binatang, kami diterima dengan baik. Kami diberi penjelasan oleh pemandu wisata. Di sana, tempatnya sangat nyaman dan bersih. Koleksi binatangnya juga lengkap.


Beri Penilaian

Rating : 3.2/5 (9 votes cast)


Peralatan pribadi