GAYA DAN GERAK 6.2 YAYAT IBAYATI

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

Daftar isi

Gaya Dan Gerak

image:ketapel.jpg

Ketepel sering dibuat anak-anak untuk melontarkan batu kecil dengan cepat ke satu sasaran. Misalnya, buah-buahan di pohon atau burung. Apa yang menyebabkan batu bergerak dengan cepat? Gaya apa yang terdapat pada ketepel? Apakah kamu punya mainan yang dapat bergerak tanpa menggunakan baterai. Dengan apa mainan itu dapat bergerak? Apakah kamu memutarkan dulu kunci yang ada pada mainan? Banyak alat-alat yang dapat bergerak akibat gaya yang diberikan pada benda tersebut misalnya pada jungkat jungkit, traktor pegas, dan perahu air. Apakah ada hubungan antara gaya dan gerak?

A Hubungan antara Gaya dan Gerak

Pernahkah kamu mencoba mainan traktor pegas, jungkat-jungkit, dan panah? Model tersebut dapat dibuat dengan mudah, bahan yang diperlukan salah satunya harus memiliki gaya pegas yang dapat mendorong benda lainnya. Untuk mempelajari hubungan gaya dan gerak, cobalah membuat model traktor pegas, panah, dan jungkat jangkit.

1. Traktor Pegas

Mainan traktor sederhana dapat dibuat dari kelosan benang, karet gelang sebagai pegas, lilin, batang kayu, dan paku kecil. Kelosan atau traktor pegas bergerak karena ada gaya pegas dari karet. Setelah karet diputar dan melintir, karet berusaha untuk kembali ke keadaan semula, karet melawan lilitan tersebut. Akibatnya karet dan kelosan berputar. Jadi gaya pegas pada karet menyebabkan gerak pada traktor mainanmu.

2. Panah

Panah terdiri dari busur dan anak panah. Panah sederhana dapat dibuat dari batang kayu atau belahan bambu yang lentur, tali, dan anak panah terbuat dari bambu atau batang plastik

Image:memanahh.jpg

Pada panah, gaya pegas terdapat pada busurnya. Tali digunakan untuk menarik busur sampai melengkung. Ketika tali dilepaskan, bentuk busur akan kembali ke semula, menarik kembali tali yang membawa anak panah, sehingga anak panah akan terdorong dengan cepat dan jauh. Menggunakan panah untuk mencapai sasaran yang tepat memerlukan keterampilan yang sangat tinggi. Oleh karena itu, olahraga memanah termasuk yang dilombakan di Olimpiade.

3. Jungkat-Jungkit

Sewaktu kecil, mungkin kamu sering bermain jungkat-jungkit. Sungguh mangasyikkan, bukan? Di kelas 5 kamu telah mempelajari pesawat sederhana. Jungkatjungkit termasuk salah satu pesawat sederhana. Namun, pernahkah kamu berpikir, mengapa jungkat-jungkit dapat bergerak? Untuk mengetahuinya cobalah kamu lakukan kegiatan berikut ini. Jungkat-jungkit pada awalnya diam (seimbang). Setelah ditekan ke bawah, kemudian dilepaskan, maka jungkat-jungkit bergerak naik turun. Ditekan berarti diberi gaya. Demikian pula ketika jungkat-jungkit diberi uang logam, maka jungkat-jungkit bergerak, mengapa? Uang logam tersebut memiliki berat dan berat itu termasuk gaya. Jadi, gaya menyebabkan jungkat-jungkit bergerak. Gaya pegas mempengaruhi gerak benda.

B Penggunaan Alat yang Berhubungan dengan Gaya dan Gerak

Pernahkah kamu main jungkat-jungkit? Jika kamu amati di bagian bawah tempat duduk terpasang pegas atau per. Pegas atau per sifatnya jika ditekan akan kembali ke semula sehingga benda yang di atasnya ikut bergerak. Dengan adanya per, jungkat-jungkit dapat memantul ketika digunakan. Coba amati benda-benda lain yang memanfaatkan hubungan gaya pegas dengan gerakan yang dihasilkan. Tulis hasil pengamatan pada buku tulismu dalam tabel seperti berikut ini. Berdasarkan pengamatan pada benda-benda tersebut ternyata gaya pegas yang menimbulkan dorongan dapat membantu berbagai pekerjaan dan membuat alat-alat lebih nyaman dipakai. Bahan apa yang dapat dibuat pegas pada benda-benda tersebut? Selain gaya pegas, gaya apa lagi pada benda yang gerakannya bermanfaat? Alat-alat yang dibuat ada yang harus diperhatikan penggunaannya. Jika kamu main panahan, tidak boleh diarahkan kepada orang lain, inatang, kaca rumah, mobil, atau alat-alat yang mudah pecah. Untuk menggunakan panah sebaiknya kamu melakukan uji keterampilan memanah dengan sasaran seperti yang dilakukan pada olahraga memanah, siapa yang paling terampil? Kesimpulan tentang hubungan antara gaya dan gerak: Adanya hubungan antara gaya dan gerak dapat dimanfaatkan untuk alat-alat dalam kehidupan. Gerakan-gerakan yang diakibatkan suatu gaya dapat dimanfaatkan untuk benda-benda yang berguna bagi kehidupan manusia.

Beri Penilaian

Rating : 4.1/5 (90 votes cast)


Peralatan pribadi