Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia 3.1

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

Daftar isi

B. Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Pertumbuhan dan perkembangan manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya, makanan bergizi, kesehatan, istirahat, olahraga dan hiburan.

1. Makanan Bergizi

Salah satu penyebab kamu dapat bertambah tinggi dan berat ialah makanan yang bergizi. Makanan bergizi sangat berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Makanan berguna untuk membentuk bagian-bagian tubuh dan mengganti bagian tubuh kita yang rusak. Selain itu, makanan berguna untuk memberikan tenaga, dan mengatur semua proses di dalam tubuh. Makanan bergizi dapat berasal dari hewan ataupun tumbuhan. Makanan bergizi mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Akan lebih sempurna jika ditambah susu. Gambar 3.3 menunjukkan makanan yang mengandung empat sehat lima sempurna.

a. Karbohidrat

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh. Seperti yang terlihat pada Gambar 3.4, beras merupakan contoh makanan yang mengandung karbohidrat. Makanan lainnya yang mengandung karbohidrat, di antaranya, jagung, kentang, roti, dan gandum.

b. Protein

Makanan yang mengandung banyak protein berfungsi sebagai zat pembangun tubuh. Bagian tubuh yang rusak akan segera diganti dengan bantuan protein yang diperoleh dari makanan. Makanan yang mengandung protein, di antaranya, ikan, telur, daging, susu, tahu, dan tempe. Perhatikan Gambar 3.5.

c. Lemak

Makanan yang mengandung lemak berfungsi sebagai sumber energi dan cadangan makanan. Makanan yang mengandung lemak, di antaranya, daging, telur, keju, mentega, minyak, dan susu.

d. Vitamin dan Mineral

Vitamin adalah zat yang sangat penting bagi pertumbuhan. Vitamin terdiri atas vitamin A, B, C, D, E, dan K. Vitamin banyak terdapat di dalam sayuran dan buah-buahan.

Mineral adalah zat organik yang diperlukan tubuh dalam jumlah tertentu. Mineral merupakan zat pengatur tubuh. Makanan yang mengandung mineral terdapat dalam sayuran dan buahbuahan.
e. Air

Air juga diperlukan oleh tubuh. Tanpa air, tubuhmu akan kekeringan. Di dalam air terdapat mineral-mineral yang sangat berguna bagi tubuh kita. Berdasarkan sumbernya, makanan berasal dari tumbuhan dan hewan. Tumbuhan dan hewan dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang lezat dan bergizi.


  • 1) Bahan makanan yang berasal dari tumbuhan

Makanan yang berasal dari tumbuhan dapat berupa makanan pokok, sayuran, dan buahbuahan. Makanan pokok terdiri atas beras, jagung, dan gandum. Makanan yang berasal dari sayuran, yaitu kentang, jagung, dan kangkung. Makanan yang berasal dari buah-buahan, yaitu jeruk, apel, pepaya, semangka, dan sebagainya. Gambar 3.9 menunjukkan makanan yang berasal dari tumbuhan.


  • 2) Bahan makanan yang berasal dari hewan

Makanan yang berasal dari hewan dapat dimanfaatkan sebagai lauk pauk dan juga sebagai minuman. Makanan yang dimanfaatkan sebagai lauk pauk, di antaranya, ikan, daging sapi, daging ayam, dan telur. Minuman yang berasal dari hewan sapi adalah susu. Ayo perhatikanlah Gambar 3.10.


Ayo, Kerjakan 3.1

Makanan apakah yang kamu makan hari ini? Tulislah menu makanan
yang kamu makan hari ini. Kemudian, tuliskan kandungan apa saja yang
terdapat dalam makanan tersebut. Apakah makanan yang kamu makan
sudah bergizi?

2. Kesehatan

Pertumbuhan manusia akan berjalan dengan baik jika tubuhnya sehat. Tubuh sehat berarti tidak terkena penyakit. Adanya penyakit pada tubuh akan menghambat pertumbuhan tubuh.

3. Istirahat

Sehari-hari tubuhmu melakukan aktivitas. Setelah lelah melakukan berbagai kegiatan, tubuhmu membutuhkan istirahat. Istirahat yang paling baik adalah tidur. Ketika tidur, seluruh tubuhmu melakukan istirahat sehingga ketika bangun, tubuhmu akan kembali segar. Lama tidur yang baik adalah 8 jam sehari.

4. Olahraga

Melakukan olahraga secara teratur sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembanganmu. Manfaat berolahraga, antara lain,
a. Peredaran darah lancar;
b. Jantung berdenyut secara teratur;
c. Otot-otot tubuh akan lentur;
d. Tulang menjadi kuat.

Biasakanlah untuk berolah raga secara teratur, paling sedikit dua kali dalam seminggu.


5. Hiburan

Hiburan penting juga bagi pertumbuhan manusia. Dengan mendapat hiburan, tubuhmu akan santai, tidak stres, dan peredaran darah pun menjadi lancar. Akibatnya, kerja tubuh, akan lebih optimal. Untuk mendapat hiburan, kamu dapat berkunjung ke tempat-tempat wisata pada waktu tertentu.


Beri Penilaian

Rating : 3.9/5 (110 votes cast)


Peralatan pribadi