FAKTOR YANG MENENTUKAN DALAM PEMILIHAN BENDA ATAU BAHAN 6.2 YAYAT IBAYATI

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

Faktor yang Menentukan dalam Pemilihan Benda atau Bahan

Image:belanja kehujanan.jpg

Dalam melakukan berbagai kegiatan, orang memerlukan bantuan alat-alat dan benda-benda yang dipakai di badannya. Bahan apa yang biasa digunakan untuk membuat payung? Mengapa dipilih bahan tersebut? Bagaimana sifat-sifat benda atau bahan yang tepat untuk keperluan tertentu? Bagaimana cara menentukan kegunaan bahan tersebut untuk keperluan sehari-hari? Bagaimana pula cara memilih bahan yang digunakan untuk membuat beberapa alat dan kegiatan tertentu? Untuk lebih jelasnya, pelajari uraian berikut ini.

A Sifat-Sifat Bahan untuk Berbagai Keperluan

Image:pembajakan sawah.jpg

Sejak zaman dahulu orang membuat alat untuk berbagai keperluan. Walaupun alat-alat masih dibuat dengan sederhana, mereka tetap memperhatikan sifat-sifat benda atau bahannya. Dahulu untuk membelah kayu, dibuat kapak dari batu dengan bentuk bidang miring, sifat batu lebih kuat daripada kayu. Mengapa orang zaman dulu berpakaian dari kulit? Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, bendabenda untuk membantu kegiatan manusia dibuat lebih praktis, awet, ringan, indah, dan kuat. Berdasarkan sifat-sifatnya, bahan itu dibentuk menjadi berbagai benda untuk keperluan sehari-hari. Misalnya alat-alat rumah tangga dari bahan plastik. Dengan bantuan teknologi, bahan-bahan ini dapat dibuat tahan terhadap berbagai kondisi misalnya plastik tahan panas. Bagaimana sifatsifat plastik lainnya?

Image:benda terbuat dari pelastik.jpg

B Pemilihan Bahan-Bahan sesuai dengan Kegunaan Benda

Tahukah kamu mengapa panci digunakan untuk memasak? Mengapa ban mobil dibuat dari karet? Umumnya panci terbuat dari logam aluminium, logam-logam itu merupakan penghantar panas sehingga baik untuk memasak. Adakah alat masak seperti panci yang dibuat dari kaca? Semua bahan benda selalu disesuaikan dengan kegunaannya.

Untuk membuat jas hujan, tentu dipilih bahan yang kedap air, ringan, tidak mudah sobek, dan mudah dilipat. Bahan apa yang digunakan untuk membuat jas hujan? Sekarang coba diskusikan cara memilih bahan yang cocok untuk membuat payung, sepatu, buku, kemeja, kantung plastik, wajan, dan kayu-kayu untuk rumah. Kemukakan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian

Image:memakai jas hujan.jpg


Beri Penilaian

Rating : 3.6/5 (10 votes cast)


Peralatan pribadi