Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah 3.1

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari
Menghadap ke mana rumahmu?
Ke arah mana kamu pergi ke sekolah?
Bagaimana cara menentukan arah?
Dapatkah kamu menunjukkan arah sesuai mata angin?

Daftar isi

A. Membuat Mata Angin

Tahukah kamu apakah mata angin itu? Jika kamu berdiri di halaman dan menghadap ke arah matahari terbit, berarti kamu menghadap ke arah timur. Punggungmu ke arah barat. Tangan kananmu ke arah selatan dan tangan kirimu ke arah utara. Untuk lebih jelasnya, perhatikan arah mata angin berikut ini.

Image:mata angin.JPG
Image:mata angin.JPG
Keterangan
U : utara
TL : timur laut
T : timur
TG : tenggara
S : selatan
BD : barat daya
B : barat
BL : barat laut
Image:rasi bintang.JPG
Image:rasi bintang.JPG
Ketentuan menggambar mata angin adalah sebagai berikut:
a. atas : arah utara,
b. bawah : arah selatan,
c. kanan : arah timur,
d. kiri : arah barat,
e. antara barat dan utara : arah barat laut,
f. antara timur dan utara : arah timur laut,
g. antara barat dan selatan : arah barat daya, dan
h. antara timur dan selatan : arah tenggara.

Pada zaman dahulu, untuk arah mata angin ditentukan berdasarkan posisi matahari, dan hal itu hanya dapat dilakukan pada siang hari. Adapun para nelayan yang berada di tengah laut pada malam hari menggunakan rasi bintang Gubuk Penceng untuk penunjuk arah. Pada zaman sekarang, untuk menentukan dan mengetahui arah, manusia menggunakan alat yang disebut kompas. Pada kompas ada jarum yang selalu menunjuk arah utara-selatan. Dapatkah kamu menggunakan kompas?

Image:kompas.JPG
Image:kompas.JPG

B. Membuat Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah

Pernahkah kalian melihat denah? Apakah yang dimaksud dengan denah? Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi atau bagian dari suatu tempat. Berikut akan kita pelajari denah lingkungan rumah dan sekolah.

1. Denah Lingkungan Rumah

Dapatkah kalian memberitahukan alamat rumah kalian masing-masing? Dapatkan kalian menggambarkan peta atau denahnya? Peta dan denah dibuat untuk mempermudah kita mencari sebuah objek di permukaan bumi. Berikut adalah denah sederhana lingkungan rumah.

Image:perumahan.JPG
Image:perumahan.JPG
Rumah Doni tidak besar tetapi juga tidak terlalu kecil. Rumah Doni bersih dan rapi. Di depan rumah Doni ada halaman yang ditanami berbagai macam pohon dan bunga. Ada pohon jambu, mangga, dan rambutan. Rumah Doni terletak di pinggir jalan kampung. Di samping rumah Doni ada rumah tetangga yang juga bersih dan rapi. Di dekat tikungan jalan ada gardu ronda. Setiap malam ada petugas ronda yang menjaga keamanan lingkungan. Di depan rumah Doni ada lapangan sepak bola dan di sebelah kanan lapangan sepak bola adalah SD Harapan Kita, sekolah Doni. Jarak rumah Doni dengan sekolahnya tidak begitu jauh. setiap hari Doni berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki bersama teman-temannya. Di dekat sekolah Doni ada masjid tempat beribadah bagi umat Islam. Di sebelah kiri lapangan sepak bola berdiri sebuah gereja tempat beribadah bagi umat Kristen. Meskipun keyakinan warga berbeda-beda tetapi mereka hidup rukun dan saling menghormati.

2. Denah Lingkungan Sekolah

Murid-murid kelas III berkumpul di halaman sekolah. Mereka diberi tugas untuk mengenal lingkungan sekolah, mulai dari gedung sekolah, WC, rumah penjaga sekolah, kantin, halaman taman, sampai parit. Semua murid mengamati keadaan dan lingkungan sekolahnya dengan saksama. SD Bakalan 01 adalah sekolah Rudi. Sekolah Rudi terletak di tepi jalan besar. Bangunan sekolahnya berbentuk huruf U. Halamannya luas, sehingga pada saat istirahat dapat digunakan untuk bermain. Di belakang gedung sekolah, ada lapangan untuk berolahraga. Di samping gedung masih ada sisa tanah yang dapat digunakan untuk praktik menanam pohon. Setelah mengamati keadaan sekolah, anak-anak kembali masuk kelas. Mereka mencatat hasil pengamatannya sebagai berikut. SD Bakalan 01, sekolah Rudi terletak di pinggir jalan raya dan menghadap ke utara. Batas sebelah timur adalah kantor asuransi. Batas sebelah selatan adalah lapangan dan persawahan, sedangkan batas sebelah barat adalah pagar perumahan penduduk. Bangunan sekolahnya terdiri atas beberapa ruang. Ada ruang kepala sekolah untuk tempat kerja kepala sekolah, ruang BP, ruang kelas untuk belajar, ruang guru untuk berkantor para guru, ruang BP, ruang UKS, ruang perpustakaan, lapangan olahraga, kamar mandi, WC, kantin, gudang, dan rumah penjaga sekolah. Keadaan dan lokasi SD Bakalan 01 di atas dapat dibuat dalam bentuk denah. Jika dibuat dalam bentuk denah, lokasi SD Bakalan 01 tersebut akan tampak sebagai berikut.

Image:denah.JPG
Image:denah.JPG

3. Membuat Denah Sekolah Lengkap dengan Rencana Penghijauan Sekolah

Lingkungan sekolah yang gersang akan membuat suasana sekolah panas. Oleh sebab itu, di sekitar sekolah perlu ada pohon pelindung agar suasana teduh dan sejuk. Pada saat ini SD Bakalan 01 sedang merencanakan menanam pohon pelindung di depan sekolah. Murid-murid kelas III akan membuat denah SD Bakalan 01 dan melakukan penghijauan sekolah. Masih ingatkah kamu dengan pengertian denah? Denah adalah gambar yang menunjukkan letak atau lokasi dan bagian dari suatu tempat. Pernahkah kamu memerhatikan sekolahmu? Bagaimana letak bangunan dan ruangannya? Berapa jumlah ruang kelasnya? Berikut ini dipaparkan denah SD Bakalan 01 lengkap dengan rencana penghijauan yang akan dilakukan.

Image:denah sekolah.JPG
Image:denah sekolah.JPG
Keterangan
1. Kebun                            11. Ruang kelas lV
2. Rumah penjaga               12. Ruang kantor
3. Gudang                          13. Ruang UKS
4. Kantin                            14. Ruang kelas III
5. Tempat sepeda               15. Ruang kelas II
6. Kamar mandi/ WC           16. Ruang kelas I
7. Lapangan                        17. Papan nama sekolah
8. Ruang perpustakaan        18. Tiang bendera
9. Ruang kelas Vl                19. Lapangan olahraga
10. Ruang kelas V
Pohon pelindung
Rencana penanaman pohon

Selanjutnya, kamu akan diajak mempelajari denah ruang kelas III di SD Bakalan 01. Ruang kelas III terletak di samping kelas lV dan menghadap ke utara. Jumlah siswa setiap kelas di SD Bakalan 01 antara 30 sampai 40 siswa. Siswa kelas III berjumlah 40 anak, terdiri atas 22 siswa putra dan 18 siswa putri. Di ruang kelas III terdapat meja guru dan meja murid. Setiap meja ditempati dua orang siswa. Di depan kelas terdapat papan tulis, papan absen, papan pengumuman, dan lemari buku. Di atas papan tulis terpasang gambar lambang negara Garuda Pancasila, serta foto presiden dan wakil presiden. Perhatikan denah ruang kelas III berikut ini.

Image:kursi.JPG
Image:kursi.JPG

4. Manfaat Denah

SD Bakalan 01 akan menerima tamu dari SD Harapan 02. Kedua sekolah itu akan melakukan pertandingan persahabatan dalam cabang olahraga sepak bola, bulu tangkis, dan kasti. Hari itu Bu Farida, guru kelas III, memberikan tugas kepada Rudi, Gunawan, Irfan, Tina, dan Rani untuk melakukan persiapan. Bu Farida meminta mereka untuk membuat denah SD Bakalan 01. Denah itu akan diberikan kepada tamu dari SD Harapan 02. Dengan begitu, tamu dari SD Harapan 02 akan mudah mengenali keadaan SD Bakalan 01 beserta lingkungan sekitarnya. Itulah salah satu manfaat pembuatan denah.

Beri Penilaian

Rating : 3.7/5 (55 votes cast)


Peralatan pribadi