Cara Menemukan Makna Kata Secara Cepat dan Implementasinya 7.1

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

Untuk materi ini mempunyai 1 Kompetensi Dasar yaitu:
Kompetensi Dasar :
 

  1. Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai

Pernahkah kamu membaca dan menemukan kata yang tidak kamu tahu maknanya? Kepada siapa kamu menanyakan arti kata tersebut? Lalu, bagaimana jika tidak ada orang yang tahu? Cara mudah untuk mengetahui arti kata yang sulit atau
sukar adalah dengan mencarinya dalam kamus. Kamus disusun sesuai abjad sehingga kamu dapat dengan mudah menemukan arti kata tersebut. Perhatikan bacaan berikut!

                                                 Perjuangan R.A. Kartini
                                        Masih Banyak yang Belum Menikmati

Saat ini, kesempatan bagi perempuan untuk berkiprah di bidang apa saja terbuka sama luasnya dengan kaum pria dan tidak ada diskriminasi dalam hal apa pun. Namun, tidak diingkari dalam kenyataannya masih banyak kaum perempuan yang belum menikmati apa yang telah diperjuangkan Ibu Kartini dengan susah payah. Hal ini terbukti dengan masih banyak kaum perempuan yang menjadi korban kekerasan, baik dalam rumah tangga atau keluarga maupun Hal itu disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda DIY Ir. Tri Harjun Ismaji M.Sc. pada puncak peringatan hari Kartini tahun 2007 Pemprop DIY di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Sabtu (21/4). Menurut ketua panitia Ny. Hj. Nuri Hastuti Tri Harjun Ismaji, panitia hari Kartini yang terdiri lima komponen, yaitu TP PKK DIY, BKOW DIY, Dharma Pertiwi Korcab DIY dan Bhayangkari DIY telah mengadakan beberapa kegiatan yang disesuaikan tema peringatan tahun ini, yaitu dengan ”Semangat Kartini Kita Tingkatkan Kepedulian Sosial”.
Pada kesempatan itu dibacakan pula riwayat hidup R.A. Kartini oleh Ny. Megawati Dahlan Thaib, serta mementaskan dramamusikal oleh anak-anak korban gempa dari Dusun Sabrang, Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul asuhan Yayasan Teratai Putih PKK DIY. Dikatakan Gubernur DIY, tindakan kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga (KDRT), masih dianggap oleh sebagian orang merupakan masalah in-tern keluarga bersangkutan. Sehingga tidak jarang kekerasan yang terjadi justru ditutup-tutupi. Belum lagi mereka yang menjadi korban trafficking terorganisir, sebagai dampak tingginya tuntutan kebutuhan hidup. Adanya UU Nomor 23/2004 diharapkan dapat melindungi kaum perempuan pun belum sepenuhnya berjalan sebagaimana mestinya. Untuk itu, gubernur berharap agar hal ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi kaum perempuan untuk mampu mencari solusi dan keluar dari berbagai masalah tersebut.
Sumber: Kedaulatan Rakyat, Minggu 22 April 2007

Berikut kata-kata yang terdapat di dalam bacaan tersebut.
dampak       = pengaruh yang sangat besar.
diskriminasi = perlakuan yang sifatnya membeda-bedakan.
gempa         = Keadaan adanya guncangan atau gerakan pada bumi.
kaum           = golongan
komponen   = bagian yang merupakan satu kesatuan.
korban         = hal yang berkenaan dengan seseorang tertimpa bencana.
musikal        = yang berkenaan dengan musik.
organisir       = hal ke pengurusan dalam organisasi.
peluang        = kesempatan
solusi            = penyelesaian masalah.

Latihan 2.4
1. Carilah kata-kata berikut di dalam kamus dan tuliskan maknanya dalam buku catatan kamu!

a. agresif
f. generasi
b. alternatif
g. hasrat
c. aplaus
h. telepati
d. fanatik
i. tendensi
e. favorit
j. vokalis

2. Bacalah wacana berita berikut dan carilah kata-kata yang tidak kamu ketahui maknanya! Tulislah kata-kata tersebut di buku catatanmu dan carilah artinya dalam kamus!

                                                             Konser Muse
                                                             Gokil Abizzz!

Banyak MuDA-ers nggak bisa nonton MUSE, Jumat (23/2). Makanya MuDA mo cerita, gimana Matthew Bellany, Dominic Howard, dan Chris Wolstenholme "menyihir " Jakarta.
Dan buat yang nonton, semoga bisa jadi kenangan, gimana malam itu kita teriak-teriak, loncat-loncat, dan ngerasain pengalaman yang susah banget kita jelasin pake kata-kata. Jam 20.00 panggung masih kosong. Di latar belakang panggung ada delapan tabung silinder bening yang di dalamnya ada spiral berisi lampu. Di tengah, drumnya si Dominic masih ditutup kain hitam. Gitar-gitar si Matt ditaro di sebelah kiri panggung. Kita masih stay cool, paling-paling, sempat heboh waktu ada seorang kru yang ngebuka selubung tutup drum transparannya Dominic tadi. Dikit lagi.... Begitu pukul 20.30, this is it! Matt, Dominic, dan Chris yang pakai baju
hitam-hitam setengah lari naik ke panggung. "Apa kabar Jakarta!" kata Matt langsung tanpa basa-basi, doi mainin intronya Knights of Cydonia! Aya-ya- yaa....aya-yaaa... disambung gitar Matt yang menyayat ditambah drumnya Dominic, semua langsung nyanyi: How can we win, when fools can be kings.... Abis lagu pertama, Chemistry Crow langsung naik. Kita kayak masuk ke dunia MUSE, apalagi dengan dua lagu berikutnya Hysteria dan Supermassive Black Hole. Penonton setengah histeris waktu nyanyian teks Hysteria: Cause I want it now, I want it now/ give me tour hert and soul .... Apalagi waktu masuk lagu Supermassive Black Hole. Gila, pas gitarnya Matt mulai menggosok dengan intronya,panggung gelap dan sorot lampu cuma mengarah ke gitaris-vokalis-pianis ini. Dia sibuk sendiri dan muter-muter dengan gitarnya. Lampu panggung selang-seling gelap terang-gelap terang, sampai suara falsetto Matt:ohh baby don't you know I Suffer .... Lampu panggung dari arah belakang dan atas menyorot uap dari dry ice...uh...dahsyat! Kebetulan MuDA nemu rekamannya di YouTube, intip aja http://www.youtube.com.
Suasana berubah waktu lagu Butterflies and Hurricanes yang relatif slow. Di tengah lagu, Matt ngelepas gitarnya yang pakai efek echo itu, dan dia duduk di piano putih yang ada di deket drum. Abis itu lagu Assassin dan Citizen Erased. Lagu Hoodo dan Apocalypse Please nunjukin canggihnya permainan piano Matt yang demen banget ama Sergei Rachmaninoff dan Tchaikovsky. Pas dia mainin lagu Hoodo, tata cahaya keren banget, di tengah suasana panggung yang didominasi cahaya biru, satu lampu putih menyorot Matt yang lagi main piano putihnya. Asli, dia kayak nggak peduli gitu dengan sekitarnya. Dia asyik main pianonya dengan tempo lambat, sambil nyanyi dengan mata tertutup. Cool! Abis itu, penonton digeber lagi dengan lagu Felling Good. Matt sempet iseng pakai megafon buat nyanyi: It's a new day/It's a new life/For me. Tahu-tahu dia ngomong lagu berikutnya adalah lagu pertama dari album pertama, Showbiz. "This song is for anyone who knows us back then," kata doi. Langsung deh masuk suara intro dengan piano dari lagu Sunburn. Selesai Sunburn, dengan cueknya,Matt ngomong, "This is a song called Starlight!" Wahhh...udah deh... semua penonton tepuk tangan di atas kepala ngikutin ritme drumnya Dominic. Semua serentak nyanyiin lagu itu. Bagian ini susah banget dicritain, soalnya semua penonton kayak kesihir gitu ama Matt, Dominic, dan Chris. Beberapa orang sampai matanya berkaca-kaca waktu nyanyi I just wanted to hold/ You in my arms/ I just wanted to hold. Malam itu, MUSE berhasil banget mengaduk-aduk emosi penonton. Habis Starlight, mereka ngebawain Plug In Baby dilanjutin ama ... Time is Running Out! Semua orang yang nyanyi sambil teriak dan lompat-lompat I wont let you bury it/I won't let you smother it/ I wan't let you murder it/ our time is running out... kayak lagi nglepasin unek-unek mereka, sehingga tiap kata tuh kayak keluar dari tiap orang yang ingin teriak-teriak dan ngelepasin rasa itu.
Setelah lagu New Born, MUSE turun dari panggung. Penonton berteriak-teriak "We Want More!" mereka keluar dan bawain Maps of The Problematique, Stockholm Syndrome, dan Take A Bow sebagai lagu penutup. Di antara balon-balon super besar berisi confetti, konser itu emang gokil abizz! MUSE kayaknya ngerasain chemistry yang sama. Dominic sempat ngangkat satu tangan dan bilang, Thank you Jakarta, You are great. We'll be back!
Sumber: Kompas, Jumat 2 Maret 2007


Tugas 2.4
Bersama teman satu bangku, carilah sebuah bacaan yang dimuat dalam media cetak!
Catatlah kata-kata yang tidak kamu ketahui maknanya dan carilah di dalam kamus!


Beri Penilaian

Rating : 3.4/5 (5 votes cast)


Peralatan pribadi