BAB11. BENUA DAN SAMUDERA

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

Daftar isi

BENUA DAN SAMUDERA

Bentuk muka bumi terdiri atas daratan dan lautan. Benua merupakan kenampakan bumi yang berupa daratan, sedangkan samudra meliputi lautan yang cukup luas. Benua-benua yang ada di dunia terdiri atas 6 benua yaitu Benua Asia, Benua Afrika, Benua Amerika, Benua Eropa, Benua Australia, dan Benua Antartika. Sedangkan Samudera di dunia terdiri atas Samudera Hindia, Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, dan Samudera Artik. Tahukah kamu letak-letak benua dan samudera tersebut? Ikuti materi ini dengan baik.

Pada bab ini kalian akan mempelajari tentang pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera. Uraian selengkapnya meliputi hal-hal berikut.

  • Pengertian benua dan samudra.
  • Proses terbentuknya benua dan samudra.
  • Posisi dan samudra.
  • Contoh negara masing-masing benua.

A Pengertian Benua dan Samudra

Benua adalah hamparan daratan yang sangat luas yang pada bagian tengahnya bersifat kering karena tidak mendapat pengaruh dari angin laut yang basah dan lembab. Benua dibatasi (dikelilingi oleh samudra). Sedangkan pulau adalah daratan yang relativ sempit dan dikelilingi oleh laut. Pengertian samudra adalah hamparan air asin yang mengelilingi daratan atau benua. Hamparan air asin yang relatif sempit disebut laut.

B Proses Terbentuknya Benua dan Samudra

Benua dan samudra terbentuk melalui proses yang sangat panjang. Dahulu bentuk benua dan samudra tidak seperti sekarang ini. Setelah melalui proses yang panjang maka terbentuklah benua seperti pada saat ini. Bagaimanakah benua dan samudra terbentuk? Ada seorang ilmuwan asal Jerman yang bernama Alfred Wagener yang mengemukakan teori tentang pembentukan benua. Menurut Alfred Wagener, sebelum zaman Carbon (+ - 300 juta tahun yang lalu), semua benua yang ada sekarang ini tergabung menjadi satu yang disebut Benua Pangea. Benua Pangea kemudian terpecah menjadi dua benua, yaitu Benua Laurasia (di bagian utara) dan Benua Gondwana (di bagian selatan). Proses pecahnya benua Pangea ini terjadi sekitar 135 juta tahun lalu. Selanjutnya Benua Laurasia bagian barat bergerak ke utara menjauhi benua Gondwana yang akhirnya membentuk benua Benua Amerika Utara. Sedangkan Benua Gondwana di selatan terpecah menjadi beberapa benua, yaitu sebagai berikut.
1) Bagian barat bergeser terus ke arah barat menjadi Benua Amerika Selatan.
2) Bagian timur bergerak ke timur menjadi Benua Afrika.
3) Bagian yang lebih kecil di bagian timur terus bergerak ke arah timur laut dan menjadi India.
4) Satu bagian lagi terpecah menjadi dua, yaitu bagian timur terus begerak ke arah timur laut, dan pecahan bagian barat terus bergerak ke arah selatan.

Perkembangan selanjutnya, Amerika Utara bergabung menjadi satu dengan Amerika Selatan, Eurasia menjadi Benua Eropa dan Benua Asia. Bagian paling selatan yang bergerak ke selatan menjadi benua Antartika dan bagian dari bagian selatan yang bergerak ke timur laut menjadi Benua Australia. Teori Wagener disebut juga Teori Pergeseran Benua. Teori ini didasarkan pada fakta-fakta sebagai berikut.
a. Lekukan atau bentuk pantai di Afrika Timur, Amerika Utara, dan Amerika Selatan dengan pantai barat Eropa dan Afrika hampir sama.
b. Daratan Tanah Hijau (Greenland) menjauh dari Eropa sejauh +- 36 centimeter setiap tahun.
a. Tanah di Amerika Selatan, Afrika, India, Australia dan Antartika menunjukkan persamaan sifat.
b. Pulau Madagaskar dalam gerakannya ke arah barat terhambat oleh Afrika.

C Posisi Benua dan Samudra

Dengan cara membaca peta dunia atau globe, kalian dapat menjelajahi benua. Pada peta dunia kalian akan melihat simbol warna seperti warna hijau, coklat, kuning, putih dan biru. Benua-benua yang ada di dunia terdiri atas 6 benua dengan 1 benua tidak dihuni secara permanen. Benua-benua tersebut mempunyai luas yang berbeda.

Benua yang tidak dihuni adalah Benua Antartika karena daerahnya terlalu dingin dan selalu bersalju. Benua ini hanya digunakan oleh para peneliti. Benua-benua ini dipisahkan oleh massa air yang luas, tetapi ada beberapa benua yang pemisahannya sebagai berikut.
a. Benua Asia dan Eropa bersatu, sehingga batas benua tersebut adalah pegunungan Ural, Laut Kaspia, dan Laut Hitam.
b. Benua Asia dan Afrika bersatu sehingga batas benua tersebut adalah terusan Suez dan laut merah. Terusan Suez adalah terusan yang digali untuk memperpendek jarak dan menghubungkan Laut Mediterranean dan Laut Merah.

Bagaimanakah Samudranya?
Lapisan air ini dapat mengisi cekungan di daratan maupun di lekukan yang besar di permukaan bumi. Lapisan air yang menyelimuti lekukan-lekukan permukaan bumi tersebut membentuk massa air luas yang dikenal dengan samudra atau lautan dan massa air yang sempit disebut dengan laut. Rasa air asin disebabkan oleh air hujan yang mengalir di daratan membawa unsur kimia terutama NaCl (Natrium Klorida) ke laut. Di laut terjadi arus dan gelombang, sehingga Na Cl diaduk oleh arus laut dan gelombang dan terjadi reaksi, sehingga rasa air laut menjadi asin. Jadi perbedaan antara perarian laut dan perairan daratan adalah rasa asin.

Jumlah air laut jauh lebih banyak daripada air daratan. Luas samudra mencapai 71 % dari seluruh air di permukaan bumi, sedangkan luas daratan hanya 29 %. Massa air yang menutupi permukaan bumi tersebar dalam bentuk samudra, laut, selat dan teluk. Bentuk massa air ini disebut dengan perairan laut. Perairan laut yang besar yang dikenal dengan samudra tersebar pada 4 samudra antara lain:
1. Samudra Hindia,
2. Samudra Pasifik,
3. Samudra Atlantik, dan
4. Samudra Arktik.

Tabel 11.2. Samudra di permukaan bumi
Tabel 11.2. Samudra di permukaan bumi

1. Samudra Hindia

Samudra Hindia mempunyai luas 77.118.000 km2. Mempunyai kedalaman ratarata 3.811 meter. Sedangkan titik terdalamnya 7.449 meter. Kadar garam rata-rata adalah + - 34,72%. Batas-batas Samudra Hindia adalah:
- Benua Asia di sebelah utara;
- Kutub Selatan di sebelah selatan;
- Benua Afrika di sebelah Barat; dan
- Benua Australia di sebelah Timur.

Di sebelah utara, Samudra Hindia berbatasan dengan Laut Andaman, Laut Arab, dan Laut Merah. Fungsi Samudra Hindia dalam pelayaran adalah menghubungkan negara-negara di Asia, Afrika dan Australia. Ciri-ciri khusus Samudra Hindia adalah sebagai berikut.
1) Seluruh wilayah Samudra Hindia berada di wilayah Garis Bujur Timur.
2) Di Samudra Hindia jarang terjadi badai besar. Sehingga pelayaran lebih aman.
3) Di Samudra Hindia terdapat pusat tubrukan antara lempeng Asia dan lempeng dasar samudra sehingga sering terjadi gempa bumi yang dirasakan di Indonesia, Iran, India, dan Afganistan.

2. Samudra Pasifik

Samudra Pasifik adalah samudra terluas di dunia. Samudra Pasifik mempunyai luas 165.760.000 km2. Seluruh daratan yang ada di bumi luasnya 134.136.100 km2. Jadi Luas Samudra Pasifik 1,24 kali luas daratan di bumi. Batas-batas Samudra Hindia adalah sebagai berikut.
- Laut Bering dan Okhots di sebelah utara.
- Antartika dan laut Tasmania di sebelah selatan.
- Laut Cina Timur, Laut Pilipina, Laut Sulawesi di sebelah barat.
- Benua Amerika di sebelah timur.

Samudra Pasifik mempunyai kedalaman rata-rata 4.282. Bagian yang terdalam dari samudra berupa ceruk berbentuk huruf V memanjang disebut palung. Hampir semua palung terdapat di Samudra Pasifik. Mulai dari palung Izu, dalamnya 11.232 m , palung Jepang dalamnya 8.8887 meter. Palung lainnya adalah palung Mariana, Tonga, Kermadec, Kurdil, Pilipina, Yapan, New Britain, dan Bonin. Gugusan kepulauan Polynesia, Mikronesia dan Melanesia (kawasan ini disebut Oceania). Oceania terdiri atas ribuan pulau-pulau kecil. Negara-negara yang terdapat di kawasan Oceania adalah Vanuatu, Fiji, Kiribati, Samoa, Solomon, Nauru, dan Tonga. Fungsi Samudra Pasifik dalam pelayaran adalah menghubungkan negara-negara di Asia-Pasifik dan Amerika. Ciri-ciri khusus Samudra Pasifik.
1) Merupakan samudra terluas.
2) Mempunyai palung terdalam, yaitu palung Mariana (11.022 m).
3) Tempat pertemuan arus panas (Kurosyiwo) dan arus dingin (Oyasyiwo). Pertemuan arus panas dan arus dingin baik untuk perkembangbiakan ikan. Tempat pertemuannya adalah di laut Bering.
4) Dasar Samudra Pasifik sering menjadi pusat gempa, yaitu di Jepang Pilipina, pantai Barat Benua Amerika dan Amerika Latin.

3. Samudra Atlantik

Samudra Atlantik membentang dari pantai barat Benua Eropa dan Benua Afrika hingga pantai timur Amerika Utara dan Amerika Latin. Luasnya 82.439.700 km2. Kedalaman rata-rata adalah 3.350 meter. Dengan titik terdalam 8.385 meter. Melalui samudra inilah bangsa-bangsa Eropa melakukan ekspedisi pada abad 15 menemukan benua Amerika.

Batas-batas Samudra Hindia adalah:
- Laut Utara, Laut Norwegia di Eslandia dan Laut Labrador dekat (Pulau Greenland) di sebelah utara;
- Antartika di sebelah selatan;
- Laut Karibia di kawasan Karibia di sebelah barat; dan
- Benua Eropa dan Afrika di sebelah timur.

Fungsi Samudra Atlantik dalam pelayaran adalah menghubungkan Benua Eropa dengan Benua Amerika, Afrika Barat dan Asia (lewat Tanjung Harapan atau Terusan Suez). Ciri-ciri khusus Samudra Atlantik adalah sebagai berikut.
1) Merupakan samudra yang menghubungkan Eropa dan Amerika.
2) Terdapat Segitiga Bermuda (pantai timur Amerika Serikat dan Kepulauan Bermuda) tempat di mana kapal dan pesawat terbang hilang secara misterius.
3) Sebagian besar wilayah Samudra Atlantik berada di Garis Bujur Barat.
4. Samudra Arktik/Artika

Samudra Arktik terletak di Benua Amerika utara bagian utara, Benua Asia, dan Benua Eropa. Merupakan samudra tersempit dengan luas 14.089.600 km2. Kedalaman rata-ratanya adalah 5.411 meter. Samudra Arktik mengelilingi Kutub Utara secara penuh. Suhu permukaan Samudra Arktik lebih rendah dibanding samudra-samudra lainnya. Bahkan di bagian utara terdapat bongkahan-bongkahan es. Ciri-ciri Khusus Samudra Arktik adalah sebagai berikut.
1) Merupakan samudra paling sempit.
2) Mempunyai suhu permukaan paling dingin dibanding samudra-samudra lainnya karena letaknya paling jauh dari katulistiwa.
3) Tidak dilewati garis katulistiwa.
4) Seluruhnya terdapat di Garis Lintang Utara.

D Contoh Negara Masing-Masing Benua

1. Benua Asia

Benua Asia terletak antara 260 BT – 1690 BB dan 110 LS – 770 LU. Benua Asia merupakan benua terbesar (hampir 1/3 daratan permukaan bumi). Wilayahnya membentang dari wilayah kutub utara sampai equator dan sebelah barat dari Laut Tengah, Laut Merah, pegunungan Ural sampai Samudra Pasifik. Beberapa negara yang ada di Benua Asia ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa kawasan sebagai berikut.

Tabel 11.3 Kawasan Di Benua Asia
Tabel 11.3 Kawasan Di Benua Asia
Sirkum Pasifik dari pegunungan di Jazirah tenggelam dan muncul pegunungan di Kep. Jepang tenggelam muncul pegunungan di Filipina tenggelam muncul sebagai gunung di Sulawesi Utara, pegunungan di Halmahera dan berakhir di Kep. Maluku.

Jepang

Kalian akan mengenal lebih jauh contoh negara di Asia, yaitu Jepang. Penjelasan tentang Jepang adalah sebagai berikut.

a. Bentuk pemerintahan
Jepang merupakan negara dengan sistem pemerintahan kekaisaran. Kepala negaranya disebut dengan Kaisar dan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Negara ini beribu kota di Tokyo yang terletak di Pulau Honshu.

b. Letak dan luas
Jepang merupakan negara kepulauan dengan 3000 buah pulau, tetapi bagian dari Benua Asia. Benua Asia dan kepulauan Jepang dipisahkan oleh laut Jepang. Pulau terbesar dan menjadi daerah aktivitas adalah Pulau Hokkaido, Honshu, Shikoku dan Kyushu. Negara Jepang terletak antara 1290 BT – 1470 BT dan 200 LU – 500 LU dengan luas keseluruhan negara Jepang sekitar 377.815 km2.

c. Iklim
Sebagian besar negara ini beriklim sedang dan sebagian kecil beriklim tropis. Waktu matahari beredar ke utara (Juni – September) maka terjadi musim panas, karena itu wilayah pantai timur negara Jepang dipengaruhi angin laut dari samudra Pasifik, sedangkan wilayah timur terjadi angin kering. Pada waktu matahari beredar di selatan (Oktober – Mei) bergerak angin dari wilayah Siberia yang dingin yang menimbulkan hujan salju di wilayah pantai barat, sedangkan wilayah pantai timur terjadi angin kering. Curah hujan tahunannya berkisar antara 1000 – 3.000 mm dengan suhu rata – rata 230 C. selain angin dari laut, wilayah pantai timur dipengaruhi arus panas yang dikenal Kurosyiwo, sehingga wilayah pantai timur kondisi udaranya hangat.

d. Keadaan alam
Wilayah Jepang dilalui oleh pegunungan Sirkum Pasifik, maka sebagian besar (71 %) terdiri atas wilayah pegunungan, sehingga banyak gunung api yang aktif, sedangkan daratannya yang dipisahkan pegunungan sempit yang dijadikan aktivitas penduduk negara Jepang. Masalah alam yang sering melanda negara ini yaitu: Letusan gunung api, banjir, gempa bumi, dan angin topan.

e. Flora dan fauna
Sebagian besar pegunungan, maka daerah tersebut dijadikan lahan hijau yang tidak diganggu dan tertutup hutan. Karena daerahnya bersalju dengan iklim sedang, maka tumbuh hutan konifer, sedangkan sebelah selatan yang dipengaruhi angin laut tumbuh berdaun lebat. Fauna yang dapat hidup di wilayah ini yaitu babi hutan, rusa, serigala dan monyet. Fauna ini sesuai dengan kondisi alam yang hampir sama dengan daerah beriklim tropis.

f. Penduduk
Kondisi iklim memengaruhi aktivitas penduduk karena itu aktivitas penduduk sebagian besar berada di pulau Honshu. Penduduk asli Jepang adalah bangsa Ainu. Penduduk Jepang mempunyai sifat yang perlu ditiru seperti: ulet, rajin, disiplin. Sifat ini yang mengantarkan negara Jepang menjadi negara maju.

g. Perekonomian
Sifat orang Jepang yang ulet, rajin, disiplin, menghargai karya sendiri dan bangga terhadap negara sendiri menjadi dasar bagi perkembangan negara. Dengan sifat ini orang Jepang membangun negerinya sampai menjadi negara industri utama dan maju. Kemajuan negaranya berdampak terhadap pendapatan rata-rata penduduk yang tinggi sekitar US $ 28.220/ kapita. Pertanian Jepang berkembang pada lahan yang sempit sekitar 16% yang menghasilkan beras, gandum, kedelai jelai (jenis gandum) sayuran dan buah-buahan serta ulat sutra. Peternakan sapi yang berkembang menghasilkan susu.

h. Perikanan
Perairan sebelah timur Jepang dipengaruhi arus laut panas (kurosyiwo) dan arus dingin (oyasyiwo) sehingga daerah ini menjadi tempat perikanan terbesar bagi negara Jepang. Selain perairan yang bagus ditunjang oleh alat dan perlengkapan perikanan yang modern, sehingga produk perikanan ini dapat memenuhi kebutuhan penduduk Jepang.

i. Pertambangan
Jepang merupakan negara yang miskin barang tambang, sehingga kebutuhan barang tambang didatangkan dari negara lain seperti minyak, gas bumi, batu bara, bijih besi, tembaga, timah, seng, belerang batu kapur dan gypsum.

j. Perindustrian
Kemampuan orang Jepang dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dapat bersaing, sehingga industri yang dihasilkan mempunyai kualitas yang baik. Produk perindustrian Jepang seperti: elektronik, bahan kimia dasar, tekstil industri berat dan otomotif.

2. Benua Amerika

Benua Amerika memanjang dari kutub utara sampai kutub selatan yang terletak antara 350 BB – 1700 BB dan 550 LS – 830 LS. Bagian utara bagian selatan benua membentuk segitiga dengan kerucut di bagian selatannya, sedangkan bagian tengah merupakan daratan yang sempit yang menghubungkan benua Amerika bagian selatan dan utara. Pada bagian tengah benua Amerika yaitu sekitar laut Karibia terdapat rangkaian kepulauan. Secara geografis, Benua Amerika sebelah utara berbatasan dengan laut Artika sebelah barat dengan lautan Pasifik sebelah timur berbatasan dengan laut merah dan sebelah selatan berbatasan dengan Benua Antartika luas keseluruhan benua Amerika dan pulau-pulau kecil termasuk pulau Greenland mencapai 42.188.568 km2. Benua Amerika dibagi menjadi 3 kawasan yaitu sebagai berikut.

Benua Amerika yang memanjang dari kutub utara ke kutub selatan memiliki keadaan alam yang bervariasi, dan keadaan alamnya dibagi menjadi semenanjung Skandinavia (Norwegia, swedia dan finlandia).
a. Sebelah barat benua ini membujur rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik.
b. Sebelah timur merupakan daratan tinggi.
c. Bagian tengah merupakan daratan.

Pegunungan Sirkum Pasifik yang membujur barat Benua Amerika Utara terbagi menjadi 3 jalur yaitu:
1) pegunungan pantai barat yang membujur dari Alaska sampai Kalifornia,
2) pegunungan Cascade di sebelah utara Siera Nevada dan di selatan Siera Madre, dan
3) pegunungan Rocky. Antara jalur pegunungan pertama dan kedua terdapat lembah besar dan memanjang, sedangkan antara jalur pegunungan kedua dan ketiga terdapat plato Yukon, British Columbia, Kolombia, Colorado, Meksiko dan Danau Garam Besar (great salt Lake).

Sebelah timur merupakan dataran tinggi yang berangsur-angsur menjadi daratan rendah di tengah. Sedangkan bagian tengah, karena terhalang pegunungan angin laut tidak masuk dan yang masuk angin kering yang menyebabkan bagian tengah ini terbentuk gurun dan stepa. Amerika Tengah merupakan daratan sempit yang diapit dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Laut Karibia dan Teluk Meksiko. Pada jalur yang sempit ini terdapat kelanjutan pegunungan yang berasal dari pegunungan Rocky yaitu: pegunungan Siera Madre Occidental dan Sierra Oriental sehingga daratan rendahnya sempit antara pegunungan dan pantai. Amerika Selatan bagian barat membujur jalur pegunungan Sirkum pasifik dan di bagian benua ini membentuk pegunungan Cordilleras de Los Andes, sedangkan bagian timurnya merupakan daratan tinggi dan daratan rendah. Kawasan Amerika Selatan terdapat sungai besar yang memiliki karakteristik seperti DAS Amazone, DAS Orinoco, DAS Parana. Contoh negara di Benua Amerika misalnya Brasil. Agar lebih mengetahui tentang negara Brasil perhatikan penjelasan berikut ini. Brazil

a. Bentuk Pemerintahan
Brazil merupakan negara dengan sistem pemerintahan Republik Federal. Kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah Presiden. Negara ini beribu kota Brazillia. b. Letak dan luas Brazil merupakan negara yang luas di kawasan Amerika selatan dengan luas 8.500.000 km2. Secara geografis negara ini sebelah utara berbatasan dengan Venezuela, Guyana, Suriname, Guyana (Perancis) sebelah selatan berbatasan dengan Bolivia, Paraguay, Argentina, Uruguay, sebelah barat berbatasan dengan Kolombia, Peru dan sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Atlantik. Brazil terletak antara 350 BB - 740 BB dan 50 LU – 330 LS dari letak ini menunjukkan bahwa Brazil merupakan negara yang terletak di daerah tropis. Curah hujan yang tinggi ditunjukkan dengan kondisi alam yang masih perawan seperti hutan Amazone.

c. Iklim
Meskipun berdasarkan letak harusnya beriklim tropik, tetapi bentuk muka bumi memengaruhi terbentuknya iklim lain. Faktor fisis yang memengaruhi variasinya iklim di Brazil yaitu:
1) luas benua,
2) pegunungan, dan
3) arus panas.

Angin yang datang dari Samudra Pasifik terhalang pegunungan Andes sehingga angin yang masuk ke wilayah Brazil panas dan kering, sedangkan angin dari laut hanya mencapai pantai dan arus laut berasal dari equator bergerak ke wilayah Brazil yang memengaruhi suhu bertambah. Karena itu selain iklim tropis juga terbentuk iklim stepa.

d. Keadaan Alam
Berdasarkan keadaan alamnya Brazil dibagi menjadi beberapa daerah berikut.
1) Ledok Amazone yang terdapat di wilayah utara. Daerah ini merupakan daerah endapan dengan curah hujan tinggi, sehingga membentuk hutan tropis Amazone terluas,
2) Daratan tinggi Brazil yang memanjang sejajar dengan pantai sebelah timur.
3) Daerah pantai timur.
4) Daerah Brazil selatan.

e. Flora dan Fauna
Hutan tropis yang berkembang di daerah Amazone berkembang jenis pohon tropis. Hutan ini merupakan tempat hidupnya berbagai macam hewan tropis. Pada sungai Amazone hidup ikan piranha, sedangkan di hutannya hidup hewan seperti: iguana, harimau, tapir, buaya, macam-macam burung, kupu-kupu, dan kura-kura.

f. Penduduk
Wilayah yang luas sekitar 4 x wilayah daratan Indonesia memiliki jumlah penduduk 155.3 juta jiwa dengan angka pertumbuhan 1.7 % / tahun. Sebagian besar penduduk tinggal di daerah pantai timur dan tenggara. Penduduk asli adalah Indian, tetapi pada zaman dahulu terjadi migrasi orang kulit putih yang membawa orang Negro sebagai buruh perkebunan. Antarpenduduk asli dan migran terjadi pembauran
yang membentuk perkawinan campuran seperti berkut ini.

1) Mulat adalah turunan hasil perkawinan campuran orang kulit putih dan Indian.
2) Mestis adalah turunan hasil perkawinan campuran orang negro dan Indian.
3) Zambo adalah turunan hasil perkawinan campuran orang Indian dan Negro.

Dengan lahan yang cukup luas, keuletan rajin, dan disiplin tinggi maka penduduk Brazil cukup melaksanakan pembangunan. Pembangunan penduduk Brazil cukup tinggi sekitar US $ 2.770/ kapita.

g. Perekonomian
Brazil berkembang dan maju bukan karena industri, tetapi keberhasilan pertaniannya karena pertanian merupakan mata pencaharian utama penduduk Brazil. Produk pertanian Brazil adalah Kopi (no.1 ) coklat, gula, tembakau, jagung dan buah-buahan tropis. Daerah pertanian utama Brazil yaitu Sao Paulo Santos, Rio De Janeiro. Peternakan yang dikembangkan adalah babi, sapi, domba yang diternak di daerah dataran tinggi dan padang rumput. Perkembangan Brazil didukung oleh sifat penduduknya ulet, rajin, disiplin sehingga brazil merupakan negara berkembang yang maju dan paling stabil dalam bidang ekonomi.

h. Perindustrian
Meskipun Brazil merupakan daerah pertanian, tetapi wilayahnya menghasilkan barang tambang yang dibutuhkan industri seperti: Batubara, Wolfram (Porto Alleger), Mangan (Amapa). Industri yang berkembang adalah pulp, kertas dan industri besi baja dengan pusat perdagangan yaitu di kota Rio Grande.

3. Benua Afrika

Afrika terletak antara 520 BT – 150 BT dan 350 LU – 330 LS. Berdasarkan letak ini maka benua ini memiliki iklim matahari tropis dan sedang, tetapi benua ini merupakan benua terbesar setelah benua Asia, sehingga angin laut yang lembab memengaruhi terbentuknya iklim gurun dan stepa. Benua Afrika mempunyai luas 30.295.000 km2 atau 1/5 permukaan daratan. Pulau yang termasuk benua Afrika yaitu pulau Madagaskar yang merupakan pulau ke 2 terbesar setelah pulau Greenland Negara yang terletak di benua Afrika di bagi menjadi beberapa kawasan berikut.

Tabel 11.5. Kawasan di Benua Afrika
Tabel 11.5. Kawasan di Benua Afrika
Secara umum keadaan fisik Benua Afrika terdiri atas:

a. Lembah
Pada zaman dahulu pada wilayah benua ini terjadi retakan yang memanjang dari Afrika selatan melalui Laut Merah sampai Suriah Utara. Sepanjang retakan dan patahan ini membentuk danau dan air terjun. Danau yang terbentuk karena retakan dan patahan yaitu: Danau Nyssa (Malawi), Tanganyika, Kivu, Edward, Albert dan Viktoria (6.500 km2). Sebelah timur jalur retakan ini terdapat gunung tertinggi yaitu Kalimanjaro (5.895 m)

b. Daratan Pantai
Karena terjadinya pengikisan dan abrasi maka daratannya sempit daratan ini terletak sepanjang pantai pantai barat dan timur dengan lebar sekitar 300 meter.

c. Pegunungan dan Plato
Sebagian daratan benua Afrika merupakan pegunungan dan plato. Ingatkah kalian bahwa plato terbentuk karena pengikisan baik oleh hujan maupun angin. Artinya bahwa benua ini pada zaman dahulu bukan merupakan daratan, tetapi pegunungan. Pegunungan terletak di Afrika Utara yaitu pegunungan atlas dengan puncak tertingginya gunung Apache (3.797m) dan pegunungan Drakeberg di Afrika selatan. Akibat Erosi yang terjadi baik angin maupun hujan membentuk benua Afrika menjadi plato yang luas membentuk gurun terluas di dunia. Gurun yang ada di Afrika yaitu Gurun Sahara, Libia, Gurun Barat, Timur di Afrika Utara dan gurun Kalahari di Afrika selatan. Faktor penyebab terbentuknya gurun yaitu adanya angin kering, benua yang luas, dan angin terhalang pegunungan. Kalian akan mengenal lebih jauh tentang Mesir yang berada di benua Afrika. Selengkapnya adalah sebagai berikut.

Mesir

a. Bentuk Pemerintahan
Mesir merupakan negara dengan sistem pemerintahan Republik. Kepala negaranya disebut dengan presiden dan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Ibukota negara mesir adalah Kairo yang dilalui sungai Nil.

b. Letak dan Luas
Mesir terletak sebelah utara benua Afrika yang berbatasan dengan laut tengah di sebelah utara dan laut merah sebelah timur. Sebelah barat berbatasan dengan Libia dan sebelah selatan berbatasan dengan Sudan. Mesir terletak antara 250 BT-350 BT dan 220 LU – 320 LU dengan luas 997.739 km2. Terusan Suez yang dibangun Ferdinand de Lessen (orang Perancis) membangun terusan untuk menghubungkan Laut Tengah dan Mesir

c. Iklim
Berdasarkan letak memberi iklim tropis tetapi karena luasnya benua, maka angin yang berhembus ke arah Mesir sifatnya kering, sehingga membentuk gurun pasir dengan curah hujannya antara 100 – 200 mm / tahun. Sedangkan suhu udara pada bulan Mei – Oktober 450 C dan bulan Nopember – April mencapai 170C.

d. Keadaan Alam
Mesir secara fisik dibagi menjadi 3 bagian yaitu: (1) gurun yang terletak di sebelah barat disebut gurun barat dan sebelah timur gurun timur. Karena itu sumber air yang diandalkan penduduk adalah oase – oase, (2) daerah yang dilalui sungai Nil, sehingga lahan sepanjang sungai ini dapat diairi sungai ini, sedangkan Delta terletak di muara Sungai Nil. Lebar daratan alluvial sepanjang sungai nil sekitar 16 km, dan (3) semenanjung Saini merupakan plato dengan puncak tertingginya gunung Katherin (2.637). Pada semenanjung ini terletak Terusan Suez.

e. Flora dan fauna
Dengan iklim kering tidak memungkinkan tumbuhnya berbagai macam tumbuhan, kecuali tumbuhan yang dapat bertahan kekeringan. Tumbuhan yang ada adalah semak belukar yang tumbuh sekitar oase, pohon kurma dan kaktus. Hewan yang dapat hidup pada wilayah ini yaitu unta dan kambing.

f. Penduduk
Kondisi iklim memengaruhi aktivitas penduduk, karena itu kemungkinan penduduk sebagian besar (95 %) di sepanjang sungai Nil dan oase – oase. Jumlah penduduk Mesir sekitar 58,9 juta jiwa (1994) dengan pendapatan US $ 630 / kapita. Penduduk Mesir terdiri atas 3 suku bangsa yaitu : Hamit, Nubia dan Arab.

g. Perekonomian
Aktivitas penduduk dilakukan sepanjang sungai Nil, karena lembahnya merupakan tanah alluvial yang subur, sehingga sepanjang sungai nil dijadikan daerah pertanian. Produk pertaniannya adalah : kapas (no 1) Millet dan Jagung. Tahun 1902 dibuat bendungan yang dikenal dengan bendungan Aswan untuk mengairi daerah pertanian yang membentuk Danau Nasser.

h. Pertambangan
Mesir merupakan negara penghasil barang tambang yang dibutuhkan industri seperti: minyak ditambang di pantai barat Sinai dan teluk Suez, Depresi Qatar, el Alamein, juga Mesir menghasilkan Bijih Besi, Fosphat, garam, mangan, gips, timbal dan asbes.

i. Perindustrian
Sebagai penghasil kapas maka mesir mengembangkan industri tekstil dan industri penyulingan minyak.

4. Benua Eropa

Benua Eropa terletak antara 90 BT – 600 BB dan 350 LS – 800 LS. Benua Eropa dan kepulauannya mempunyai luas 27.273.727 km2. Benua Eropa merupakan benua kecil yang bersatu dengan benua Asia karena masyarakatnya dan negaranya mempunyai peranan tersendiri, maka Eropa dipisahkan dari benua Asia dengan nama Eropa. Negara-negara yang mendiami Benua Eropa dibagi menjadi beberapa kawasan.

Tabel 11.6 Kawasan Benua Eropa
Tabel 11.6 Kawasan Benua Eropa
Meskipun Benua Eropa merupakan benua yang kecil tetapi banyak semenanjung dan teluk. Di sana terdapat beberapa semenanjung, diantaranya sebagai berikut.
a. Semenanjung Skandinavia (Norwegia, Swesia dan Finlandia).
b. Semenanjung Iberia (Portugal, dan Sanyol).
c. Semenanjung Balkan (Itali).
d. Semenanjung Yunani ( Yunani).

Benua Eropa dilalui pegunungan lipatan muda mediterania yang bersifat aktif, sehingga jalur pegunungan ini menghalangi masuknya angin laut dari laut mediterania yang banyak menimbulkan hujan di Eropa selatan.

Belanda

Kalian akan mengenal lebih jauh tentang Belanda yang berada di benua Eropa. Selengkapnya adalah sebagai berikut.

a. Bentuk Pemerintahan
Belanda merupakan negara dengan sistem pemerintahan Monarki konstitusional. Kepala negara disebut dengan Raja/Ratu dan kepala pemerintahannya adalah Perdana menteri. Negara ini beribukota di Amsterdam.

b. Letak dan Luas
Belanda terletak di pantai timur laut utara negara ini mempunyai luas 41.785 km2 dan sebagian besar negara ini terletak di bawah permukaan laut dan rawa-rawa. Karena penduduk Belanda memiliki kemampuan membendung laut maka wilayah yang asalnya merupakan teluk dibendung sehingga menjadi daratan, sedangkan rawa- rawa dikeringkan menjadi daerah yang dapat dihuni manusia. Belanda terletak antara 30 BT - 70 BT dan 510 LU - 540 LU.

c. Iklim
Berdasarkan letak astronomisnya maka Belanda beriklim sedang, tetapi karena adanya pengaruh angin laut yang menimbulkan hujan sedangkan musim panas menjadi hangat, meskipun musim dingin sering terjadi badai salju. Karena pengaruh angin laut, maka suhu pada musim dingin yaitu Oktober – Februari suhu mencapai di bawah 00 C, sedangkan pada musim panas yaitu bulan Maret sampai September
mencapai 190 C.

d. Keadaan Alam
Belanda merupakan negara yang sebagian wilayahnya berada di bawah permukaan laut dan rawa-rawa yang dikeringkan, tetapi pemerintah Belanda melakukan reklamasi lahan rawa dilakukan sejak 1927, sehingga menjadi lahan yang dapat digunakan untuk pertanian. Teluk tempat bermuara sungai Ijssel membentuk pulau-pulau dan dilakukan pembendungan sehingga daerah tersebut menjadi daerah yang dapat dihuni.

e. Flora dan fauna
Meskipun reklamasi yang dilakukan Belanda, tetapi tumbuhan rawa masih nampak sehingga hewan rawa yang khas adalah musang, burung elang, udang belibis, dan kura-kura tetap berkembang.

F. Penduduk
Wilayah yang kecil dengan jumlah penduduk 15.4 juta jiwa dan angka pertumbuhan 0.4 % per tahun membuat Belanda menjadi negara padat. Sebagian besar penduduknya tinggal di kota besar seperti: Amsterdam, Herleem, Denhaag, Rotterdam, Utrech, karena kota-kota tersebut merupakan pusat kegiatan penduduk.

h. Perekonomian
Lahan pertanian sangat sempit, tetapi diusahakan secara intensif sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan penduduk. Produk pertanian yang dihasilkan yaitu: gandum, sayuran, kentang, bit gula, rempah-rempah, tomat, anggur, kubis, bunga tulip dan sebagian besar produk ini dilakukan dalam rumah kaca. Daerah pertanian penting adalah lembah Utrech, Maastrich.

i. Perikanan
Karena berbatasan dengan pantai utara maka laut utara menjadi daerah penangkapan utama yang menghasilkan ikan haring, cod haddock dengan pelabuhan perikanannya di Scheveningen dan Vlaadingen dan perikanan air tawar di Danau Ijssel.

j. Perindustrian
Meskipun Belanda kurang memiliki barang tambang tetapi perindustrian berkembang pesat. Industri wol dan linen di daerah Leiden Haarlem, dan industri berat di daerah Rotterdam, Europoort, dan Maasvaake.

5. Benua Australia

a. Letak Astronomis dan Batas Wilayah Benua Australia terletak di antara 1130 BT – 1550 BT dan 100 LS – 430 LS. Luasnya adalah 7.686.848 km2 . Australia adalah sebuah negara benua. Atau negara yang wilayahnya meliputi sebuah benua.

Batas wilayah Benua Australia adalah sebagai berikut.
Sebelah Utara    : Indonesia, Selat Timor dan Samudra Pasifik.
Sebelah Selatan : Samudra Hindia.
Sebelah Timur    : Samudra Pasifik.
Sebelah Barat    : Samudra Hindia.

b. Ciri-ciri Alam Utama
Benua Australia mempunyai ciri-ciri alam yang membedakan dengan benua lainnya, yaitu sebagai berikut.
1) Benua paling tandus.
2) Benua paling sempit .
3) Benua paling datar permukaan buminya.
4) Terdapat binatang khas Australia, yaitu Kangguru.
5) Terdapat Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef) .
6) Terdapat banyak jenis binatang berkantung.
c. Ciri Sosial dan Budaya
Keadaan sosial di Benua Australia adalah sebagai berikut.
1) Kepadatan penduduk Benua Australia paling rendah (jarang) dibandingkan benua lainnya, yaitu 2 orang per km2.
2) Mayoritas penduduk Benua Australia dari negara Inggris.
3) Mayoritas penduduknya negara Australia (85%) tinggal di kota pelabuhan (tepi pantai).
4) Australia sebagai tujuan imigran(pendatang) dari Asia dan Afrika.
5) Penduduk Australia memiliki budaya yang beragam. Penduduk asli Australia, adalah Aborigin, dengan senjata tradisional Bumerang.

d. Ciri Ekonomi
Keadaan ekonomi di Benua Australia adalah sebagai berikut.
1) Australia merupakan negara pertanian(agraris) yang maju.
2) Australia adalah penghasil wol (bulu domba) terbesar di dunia.
3) Australia adalah pengekspor hasil pertanian dan peternakan.
4) Pendapatan perkapita penduduknya Australia digolongkan tinggi.


Beri Penilaian

Rating : 3.2/5 (21 votes cast)


Peralatan pribadi