BAB.3 BENUA

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

Daftar isi

Benua

Menurut para ahli, dulunya hanya ada satu benua yang disebut Pangea dan satu laut yaitu Laut Tetheys. Pangea kemudian pecah menjadi banyak benua dan pulau-pulau. Apabila kalian perhatikan garis pantai Benua Amerika bagian timur, bila ditempelkan dengan garis pantai Benua Eropa dan Afrika bagian barat maka akan pas (bersambung), seperti robekan kertas. Meskipun asal-usulnya dari satu benua, tetapi sekarang letaknya di permukaan bumi berbeda-beda, ada yang di dekat ekuator, ada yang dekat Kutub Utara, bahkan Benua Antartika letaknya di Kutub Selatan. Secara umum, menurut para ahli geografi terdapat lima benua di dunia, yaitu Benua Asia, Afrika, Amerika, Eropa, dan Australia.


A. Benua Asia

Menurut berbagai sumber, dijelaskan bahwa Benua Asia berada di antara 1o16' hingga 77o 41' LU serta di antara 26o 04' hingga 169o 40' BT. Total luas Benua Asia mencakup lebih kurang 44 juta km2. Apabila kalian perhatikan, Benua Asia berbatasan dengan Eropa di barat, Laut Merah dan Benua Afrika di Barat Laut, Samudra Hindia di Selatan, Samudra Pasifik di timur dan Laut Arktik di utara. Benua Asia dikelompokkan menjadi lima kawasan, yaitu Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Beberapa istilah tersebut untuk menunjukkan kelompok negara-negara yang ada di kawasan tersebut.

1. Asia Barat

Negara-negara yang termasuk kawasan Asia Barat antara lain Arab Saudi, Israel, Palestina, Yordania, Lebanon, Syria, Iran, Irak, Kuwait, dan beberapa negara kecil di sekitarnya. Kawasan ini sering juga disebut kawasan Timur Tengah. Menurut orang Eropa letaknya di timur tetapi tidak terlalu jauh. Berikut ini adalah peta Asia Barat, untuk lebih jelasnya, bukalah atlas kalian!
Wilayah Timur Tengah termasuk wilayah paling bergolak di dunia. Perebutan wilayah antara Palestina dengan Israel belum berakhir hingga saat ini. Ciri khas kenampakan alam wilayah Timur Tengah yaitu tanahnya gersang, kebanyakan berupa gurun pasir atau padang pasir, cuaca sangat panas hingga mencapai 50oC di siang hari pada musim panas, dan sangat dingin pada musim dingin, hingga hanya beberapa derajat celcius. Bangunan abadi yang ada di wilayah ini terdapat di Arab Saudi, yaitu Kakbah di kota Mekah. Kakbah dijadikan arah salat (kiblat) bagi umat Islam.


2. Asia Timur

Negara-negara Asia Timur meliputi Cina termasuk Hongkong, Jepang, Korea, Mongolia, dan Taiwan. Orang Eropa menamakan kawasan Asia Timur sebagai Timur Jauh. Bagi orang Eropa letaknya di bagian timur sangat jauh. Republik Rakyat Cina (RRC) sebagian besar berupa wilayah bergunung-gunung, tanahnya relatif gersang. Iklimnya termasuk iklim sedang hingga dingin. Di daratan Cina Utara hidup beruang terkenal, disebut Panda. Bangunan buatan manusia yang sangat terkenal di dunia, yaitu Tembok Besar Cina. Berikut ini adalah peta Asia Timur, untuk lebih jelasnya, bukalah atlas kalian!
Di bagian lainnya adalah Korea. Korea terpecah menjadi dua negara sejak pertengahan abad kedua puluh. Korea Utara yang
berideologi komunis dibantu oleh Uni Soviet dan RRC, sedangkan Korea Selatan dibantu oleh Amerika Serikat. Gagasan
penyatuan kembali (reunifikasi) Korea terus berlangsung, tetapi sampai kini belum terwujud.

3. Asia Tengah

Asia Tengah meliputi negara-negara Tajikhistan, Turkmenistan, Uzbekhistan, dan Kazakhstan serta beberapa negara bekas Uni Soviet yang ada di bagian selatan. Tanahnya relatif gersang dan beriklim dingin. Berikut ini adalah peta Asia Tengah, untuk lebih jelasnya, bukalah atlas kalian!

4. Asia Selatan

Kawasan negara-negara Asia Selatan hanya sedikit, yaitu India, Pakistan, Afghanistan, Bangladesh, Sri Lanka, Bhutan, dan Nepal. Dalam beberapa atlas sering kali Afghanistan dimasukkan dalam kawasan Asia Tengah. India tengah dan utara termasuk bergunung-gunung yang relatif gersang. Lahan subur ada di bagian selatan, di sekitar sungai-sungai besar termasuk Sungai Gangga. Kondisinya hampir sama dengan Pakistan dan Bangladesh. Bangunan buatan manusia yang sangat terkenal adalah Istana Taj Mahal yang ada di India. Pada intinya Asia Selatan adalah satu rumpun dengan India. Pada perkembangannya, India kemudian pecah menjadi beberapa negara, yaitu India, Pakistan, dan Bangladesh. India mayoritas beragama Hindu, sedangkan Pakistan Barat dan Pakistan Timur pada awalnya merupakan satu negara yang penduduknya mayoritas beragam Islam. Selanjutnya Pakistan Timur memerdekakan diri dan berganti nama menjadi Bangladesh.

5. Asia Tenggara

Kelompok negara Asia Tenggara meliputi semua negara-negara ASEAN. Wilayah ini termasuk subur untuk pertanian. Vietnam
dan Thailand bahkan sempat dijuluki gudang beras Asia Tenggara. Bangunan buatan manusia yang termasyhur adalah Borobudur di Indonesia dan Angkor Wat di Bangkok.


B. Benua Eropa

Luas Benua Eropa sekitar 10,9 juta km2. Benua ini terletak pada garis lintang antara 71o LU hingga 36o LU serta berada pada
garis bujur antara 66o BT hingga 9o BB. Berikut ini adalah peta Eropa, untuk lebih jelasnya, bukalah atlas kalian!
Batas-batas Benua Eropa adalah sebagai berikut.
1. Utara    : Laut Arktik
2. Selatan : Laut Tengah
3. Barat     : Samudra Atlantik
4. Timur     : Pegunungan Ural

Benua Eropa terbagi menjadi empat kawasan. Antara lain Eropa Barat, Eropa Utara, Eropa Selatan, dan Eropa Timur.

1. Eropa Barat

Eropa Barat meliputi Belgia, Nederland (Belanda), dan Luksemburg (disingkat Benelux), Jerman, Prancis, dan Swiss. Bagian tepi barat Eropa relatif datar, bagian agak ke tengah relatif bergunung-gunung. Eropa barat memiliki iklim dingin. Bangunan buatan manusia yang sangat terkenal di dunia adalah Menara Eifel yang ada di kota Paris, Prancis. Bangunan lainnya adalah bendungan-bendungan teluk dan kincir angin, yang ada di Belanda.


2. Eropa Utara

Negara-negara di Eropa Utara meliputi Swedia, Denmark, Norwegia, Finlandia. Kelompok negara-negara ini juga disebut negara-negara Skandinavia.


3. Eropa Selatan

Eropa Selatan meliputi Italia, Swiss, Spanyol, Portugal, dan Austria. Wilayah negara ini relatif bergunung-gunung berada pada
iklim sedang. Bangunan yang terkenal adalah Istana Paus di Vatikan, Menara Pisa, dan Colloseum di Italia.


4. Eropa Timur

Negara-negara di Eropa Timur meliputi Polandia, Republik Ceko, Slowakia, Hongaria, Rumania, Bulgaria, dan Albania. Sebagian besar kawasan Eropa Timur merupakan bagian dari dataran Eropa besar yang membentang sampai jauh ke Rusia bagian barat. Beberapa bagian dari dataran ini merupakan lahan yang tidak subur. Sebagian lahan yang lain cukup subur sehingga mampu mendukung tumbuhnya tanaman sereal. Lahan subur ini terutama terdapat di Ukraina dan wilayah barat Rusia.

5. Kawasan Balkan

Di samping negara-negara yang telah disebutkan di atas, ada negara-negara yang disebut kawasan Balkan, yang sebagian adalah negara Eropa Timur dan Eropa Selatan. Negara-negara itu meliputi Slovenia, Kroasia, Bosnia, Yugoslavia, Hongaria, Rumania, Bulgaria, Macedonia, Albania, dan Yunani.

Balkan berasal dari bahasa Turki yang artinya pegunungan. Bentang alam utama kawasan Balkan adalah pegunungan dan perbukitan kasar. Hampir seluruh kawasan ini pernah menjadi bagian dari imperium Turki selama berabad-abad. Peta di atas
adalah peta kawasan Balkan. Untuk lebih jelasnya, bukalah atlas kalian!

C. Benua Afrika

Luas Benua Afrika sekitar 30,3 juta km2. Benua ini terletak pada garis lintang antara 37o LU hingga 34o LS serta berada pada
garis bujur antara 51o BT hingga 17o BB.

Batas-batas Benua Afrika adalah:

1. Batas timur adalah Laut Merah, Benua Asia, Samudra Hindia.
2. Batas selatan adalah Samudra Hindia.
3. Batas barat adalah Samudra Atlantik.
4. Batas utara adalah Laut Tengah.

Benua Afrika terdiri atas lima kawasan, antara lain:

1. Afrika Utara meliputi Mesir, Sudan, Libya, Tunisia, Aljazair, dan Maroko.
2. Afrika Barat meliputi Sahara Barat, Mauritania, Senegal, Guinea, Gambia, Sierra Leone, Pantai Gading, Ghana,
    Burkina Fasso, Nigeria, dan Kamerun.
3. Afrika Tengah meliputi Chad, Afrika Tengah, Zaire, Zambia, Malawi, dan Gabon.
4. Afrika Timur meliputi Ethiopia, Somalia, Kenya, Uganda, Tanzania, Burundi, dan Rwanda.
5. Afrika Selatan meliputi Angola, Zimbabwe, Namibia, Botswana, Mozambik, Afrika Selatan, dan Lesotho.
Secara umum Afrika Utara merupakan wilayah gurun pasir. Bagian Afrika lainnya juga merupakan wilayah yang gersang, dan sebagian besar merupakan habitat binatang liar. Bangunan buatan manusia yang paling terkenal di Afrika terdapat di Mesir, yaitu Piramida dan Spinx. Selain itu di Mesir juga terdapat sungai yang terkenal, yaitu Sungai Nil.

D. Benua Amerika


Luas Benua Amerika sekitar 42,1 juta km2. Benua ini terletak pada garis lintang antara 72o LU hingga 56o LS serta berada pada garis bujur antara 172o 27' BT hingga 34o 45' BB. Di samping ini adalah peta Benua Amerika, untuk lebih jelasnya, bukalah atlas kalian!

Batas-batas Benua Amerika adalah:
1. Batas timur adalah Samudra Atlantik.
2. Batas selatan adalah Samudra Pasifik.
3. Batas barat adalah Samudra Pasifik.
4. Batas utara adalah Laut Arktik.

Benua Amerika meliputi:
1. Amerika Utara terdiri atas Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko. Amerika Utara merupakan wilayah di dunia yang paling maju dan kaya. Negara-negara di Amerika Utara memiliki kekayaan alam dan tanah yang subur. Sumber daya manusianya
mampu menciptakan teknologi yang canggih. Penduduk yang menempati Amerika Utara antara lain Indian Amerika, Eropa, Eskimo, Asia, dan Afrika Hitam. Indian merupakan penduduk asli benua Amerika yang sekarang terutama tinggal di Meksiko.
Bahasa yang digunakan di Amerika Utara antara lain bahasa Inggris, Spanyol, dan Prancis. Agama yang dianut penduduk Amerika Utara adalah agama Kristen Protestan, Kristen Katolik, Kristen Ortodoks Timur, dan Yahudi.

2. Amerika Selatan terdiri atas Argentina, Brazil, Cili, Paraguay, Bolivia, Peru, Ekuador, Kolombia, Venezuela, Guyana, dan Suriname. Amerika Selatan disebut juga Amerika Latin karena bahasa yang digunakan adalah bahasa Spanyol dan Portugis yang tumbuh dari bahasa latin. Amerika Selatan memiliki banyak kekayaan alam namun pembangunan di negara-negara Amerika Selatan berjalan lambat. Sebagian besar mata pencaharian penduduk di Amerika Selatan bekerja di bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan. Hasil utamanya adalah hasil pertanian. Pengelompokkan penduduk dan diskriminasi masih terasa di Amerika Selatan. Ekuador, Bolivia, dan Peru berpenduduk orang Indian, Argentina, dan Cili keturunan orang Eropa, Venezuela, Kolombia, Brasilia, Parauguai keturunan orang Mestizo. Agama yang dianut penduduk Amerika Selatan adalah Katolik Roma.

3. Amerika Tengah merupakan daratan yang sempit yang menghubungkan Amerika Utara dan Selatan. Amerika Tengah terdiri atas El Salvador, Guatemala, Kostarika, Panama, Nikaragua, Honduras, Kuba, Haiti, Dominika, Puerto Riko, dan Jamaika. Penduduk asli Amerika Tengah adalah orang Indian. Pendatang yang kemudian berkembang adalah Bangsa Spanyol. Agama yang dianut penduduk Amerika Tengah antara lain Katolik dan kepercayaan tradisional. Pertanian merupakan sektor terpenting bagi kehidupan ekonomi Ameria Tengah. Negara paling maju di wilayah Amerika adalah Amerika Serikat (AS). Wilayah Amerika Serikat sangat luas. Sebagian besar berupa daratan. Hutannya masih sangat luas. Ada gurun pasir sangat luas yang terkenal, yaitu Gurun Pasir Nevada dan Air Terjun Niagara. Penduduknya kebanyakan hidup di perkotaan. Bangunan buatan manusia yang populer adalah Gedung Putih (Istana Presiden AS), Gedung PBB New York, dan Patung Liberty.

E. Benua Australia

Benua Australia merupakan sebuah benua sekaligus negara. Australia terletak di sebelah tenggara Indonesia. Negara ini
merupakan negara maju yang berada sangat jauh dari Eropa dan Amerika. Australia secara fisik lebih dekat dengan Asia
Tenggara. Australia terbentang antara 11o LS hingga 44o LS, dan 113o BT hingga 153o BT. Panjang dari barat ke timur sekitar
4.000 km, sedangkan jarak utara selatan 3.900 km. Luas Benua Australia beserta beberapa pulau kecil sekitar 7,8 juta km2. Iklim yang ada di Australia, bagian utara beriklim tropis, sedangkan Australia bagian tengah beriklim gurun. Austalia merupakan negara persemakmuran yang terdiri atas 6 negara bagian dan 2 teritorial. Negara-negara tersebut di antaranya Australia Selatan, Australia Barat, New South Wales, Tasmania, Quensland, Victoria, Teritorial Australia Utara, dan Teritorial ibu kota Australia. Hingga tahun 1788, Australia dihuni oleh suku Aborigin. Suku ini adalah penduduk asli Australia. Suku Aborigin termasuk ras Australoid, berambut kriting, dan berkulit hitam. Orang Inggris yang pertama kali menginjakkan kaki di Australia adalah James Cook. Kerajaan Inggris menggunakan Australia sebagai tempat pembuangan atau penjara bagi para penjahat Inggris pada tahun 1787. Selanjutnya orang Inggris berbondong-bondong ke Australia setelah mengetahui Australia kaya akan bahan tambang. Sampai tahun 2004, Australia berpenduduk sekitar 22 juta orang. Sebagian besar penduduk Australia merupakan keturunan Eropa. Lebih dari 90% penduduk Australia orang keturunan Inggris. Sekitar dua pertiga penduduknya tinggal di wilayah perkotaan. Perekonomian Australia mengandalkan pada sektor pertanian dan pertambangan. Sekitar 60% lahan pertanian berupa ladang gandum, yaitu seluas 8 juta hektar dengan hanya berpenduduk 22 juta orang, maka kebutuhan gandum berlebihan.

Beri Penilaian

Rating : 4.2/5 (404 votes cast)


Peralatan pribadi